Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-17 memulai persiapan menuju kompetisi Piala ASEAN Football Federation (AFF) U-16 2024 melalui pemusatan latihan yang berlangsung di Kaliurang, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Fokus (dalam pemusatan latihan) kali ini kami akan membentuk dan menyamakan fisik dasar pemain agar mereka bisa lebih siap secara fisik," ujar Pelatih Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto melalui unggahan di akun instagram pribadi: @novarianto30 yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, pemusatan latihan dijalani oleh sebanyak 36 pemain dari berbagai dari hasil dari seleksi pemain yang dijalankan pada tahap satu dan dua.

Selain pembentukan fisik dasar, kata dia, dalam pemusatan latihan juga difokuskan untuk mengubah mental pemain terutama untuk mampu melawan rasa lelah.

"Mental pemain harus diubah karena bermain untuk tim nasional adalah sebuah tanggung jawab besar," ujarnya.

Baca juga: Indra Sjafri tunjuk Nova Arianto latih timnas Indonesia U-16

Nova mengatakan, bermain di tim nasional merupakan cita-cita semua pemain bola sehingga pihaknya fokus menyiapkan generasi untuk bisa bermain di timnas di masa yang akan datang.

"Saatnya berjuang untuk sebuah kebanggaan," kata pelatih yang dipercayakan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk melatih Timnas U-17 sejak Februari 2024 itu.

Timnas Indonesia U-17 terakhir kali berlaga pada Pada Piala Dunia U-17. Timnas yang saat itu berada di Grup A, mengumpulkan dua poin dari tiga pertandingan dengan rincian dua kali imbang melawan Ekuador (1-1) dan Panama (1-1) serta kalah dari Maroko (3-1).

Pada level Asia Tenggara, Garuda Asia telah mengantongi catatan prestasi cemerlang saat menjuarai Piala AFF U-16 2022 setelah membungkam Vietnam dengan skor 1-0 di laga final. Sebelumnya, dalam ajang yang sama pada tahun 2018, Timnas Indonesia juga keluar sebagai juara.

Pada Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah untuk menjamu lawan-lawan mereka.

Baca juga: Nova masih belum puas dengan hasil seleksi timnas U-16 tahap pertama

Baca juga: Nova adakan diskusi dengan STY terkait regulasi dan metode timnas U-16

Baca juga: Erick temui pelatih timnas U-16 rancang rencana tembus PD U-17

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024