BPH Migas bersama seluruh stakeholder terkait, terus memantau ketersediaan energi dan melaporkannya kepada Menteri ESDM dalam bentuk laporan harian hingga posko ditutup...
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengapresiasi kinerja badan usaha penugasan, yang telah menjaga pasokan dan ketersediaan BBM selama masa Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2024 atau periode 3-19 April 2024.

"Termasuk, di Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) PT Pertamina Patra Niaga, sehingga dapat menjamin ketersediaan pendistribusian BBM, LPG, maupun Avtur untuk masyarakat yang pulang kampung," ucap Anggota Komite BPH Migas Basuki Trikora Putra di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (18/4).

Dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat, Basuki atau akrab disapa Tiko, mengatakan Posko Nasional RAFI Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2024 berjalan dengan baik sejak dibuka 3 April sampai 19 April 2024.

"BPH Migas bersama seluruh stakeholder terkait, terus memantau ketersediaan energi dan melaporkannya kepada Menteri ESDM dalam bentuk laporan harian hingga posko ditutup. Kita melihat dua hal penting terkait BBM, yang pertama dari segi ketersediaan stok yang bagus, distribusi berjalan dengan baik, serta konsumen dilayani dengan cukup. Yang kedua, proyeksi serta realisasi kuota BBM, khususnya di wilayah Sumbagsel juga sudah bagus," katanya.

Menurut dia, pemerintah juga memastikan layanan tambahan yang disediakan oleh badan usaha penugasan dapat menjamin kelancaran dan kenyamanan masyarakat saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

"Layanan tambahan itu berupa motoris, pangkalan siaga, mobil tangki sebagai kantong SPBU, dan SPBU modular," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Tata Kelola Hilir Migas Mulyono juga mengapresiasi kinerja Posko RAFI tahun ini.

Ia meminta badan usaha penugasan untuk memitigasi efektivitas pengiriman BBM di DPPU Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

"Saya mengamati bahwa Satgas RAFI 2024 ini persiapannya adalah yang paling baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Executive General Manager MOR II Pertamina Patra Niaga Zibali Hisbul Masih menjelaskan Pertamina Patra Niaga sebagai badan usaha penugasan terus mendukung ketersediaan BBM untuk kelancaran arus mudik dan balik Lebaran.

"Kala Ramadhan masih berlangsung, kami telah menyediakan sedikitnya 10 SPBU modular baik di jalur tol maupun nontol, 16 mobil tanki sebagai kantong SPBU, hingga 18 motoris yang aktif melayani pemudik dalam mendapatkan BBM," ujarnya.
Anggota Komite BPH Migas Basuki Trikora Putra (dua dari kanan) mengunjungi SPBU di jalur ramai pemudik di Rest Area KM 311 A Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (18/4/2024). ANTARA/HO-Humas BPH Migas

Pemantauan SPBU

Tiko dan Mulyono juga mengunjungi SPBU yang berada di jalur ramai pemudik di Rest Area KM 311 A Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

Dari hasil kunjungan, tercatat jenis BBM khusus penugasan (JBKP) atau Pertalite selama periode RAFI 2024 mengalami lonjakan hingga tiga kali lipat dibanding waktu normal.

Di SPBU tersebut, ia menyatakan bahwa stok BBM terjaga dan proses suplai BBM selanjutnya masih dalam waktu yang aman.

"Dengan operasional penyalur yang bagus seperti ini, kami mohon untuk dipertahankan dengan baik, agar kuota BBM yang telah kami berikan, dapat dipertanggungjawabkan," kata Tiko.

Baca juga: BPH Migas awasi distribusi BBM saat arus balik Lebaran di Tangerang
Baca juga: BPH Migas: Pasokan jargas selama periode Lebaran di Semarang aman
Baca juga: BPH Migas: Pasokan dan distribusi BBM-LPG di NTB aman
Baca juga: BPH Migas pastikan stok Avtur di Bandara Soetta aman saat arus balik

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024