Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengingatkan bahwa Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika bisa dijadikan motivasi untuk terus bersatu dalam wadah NKRI, di samping menjadi panduan hidup seluruh rakyat Indonesia.
 
"Ingat tantangan dan hambatan bangsa ini dari internal dan eksternal ke depan sangatlah berat. Untuk itu, selain intelektualitas dan wawasan yang harus dijaga dan ditingkatkan, karakter dan jati diri harus sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa yang ada dalam Empat Pilar," kata Fadel dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Hal itu disampaikan-nya dalam acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Rumah Aspirasi Fadel Muhammad, Kota Gorontalo, Rabu (17/4).
 
Dia juga menilai untuk membangun Indonesia tidak cukup hanya dengan mengandalkan ilmu pengetahuan dan penguasaan IPTEK semata, melainkan harus dibarengi pula dengan nasionalisme yang tinggi dan sudah teruji.

Baca juga: Ketua MPR siap sosialisasikan empat pilar lewat kanal YouTube

Baca juga: Komisi VI DPR sosialisasi empat pilar kebangsaan untuk generasi muda
 
"Perpaduan antara penguasaan IPTEK dan wawasan kebangsaan yang baik akan menjadi satu kekuatan besar untuk mengarahkan kapal besar bernama Indonesia ini ke tujuan akhir, yakni Indonesia yang maju, sejahtera rakyatnya, dikagumi negaranya," kata pimpinan MPR RI dari kelompok DPD RI itu.
 
Mantan Gubernur Provinsi Gorontalo itu pun lantas mengajak masyarakat Gorontalo dan seluruh rakyat Indonesia untuk tetap memegang teguh nilai-nilai dalam Empat Pilar MPR apapun kondisi bangsa dan negara ini.
 
"Makin berat kondisi bangsa ini, maka harus semakin erat kita berpegang teguh kepada Empat Pilar MPR. Seperti Pemilu 2024 kemarin, momen itu sangat berat sebab seluruh bangsa harus mengalami pengkotak-kotakan karena perbedaan pilihan," tutur dia.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024