Shanghai (ANTARA) - Kapal pesiar berukuran besar buatan dalam negeri kedua China memasuki galangan kapal di Shanghai pada Sabtu (20/4) untuk menjalani tahap perakitan akhir.

Langkah ini menandakan bahwa China telah mengembangkan kemampuan untuk terlibat dalam produksi massal kapal pesiar, kata Chen Jianwei, direktur proyek kapal pesiar Shanghai Waigaoqiao Shipbuilding Co., Ltd., anak perusahaan China State Shipbuilding Corporation Limited.

Dia menambahkan bahwa kapal pesiar itu diperkirakan akan siap berlayar pada Maret 2026, dan dikirim ke pelanggan pada akhir 2026.

Dibandingkan dengan kapal pesiar berukuran besar buatan China pertama, yaitu "Adora Magic City", kapal baru ini memiliki ukuran yang lebih besar, dengan total tonase 141.900 ton, panjang 341 meter, dan lebar 37,2 meter dengan 2.144 kabin.

Perakitan kapal pesiar itu melibatkan 500 pemasok dari seluruh dunia, membangun rantai pasokan kapal pesiar yang kuat, sehingga membangun fondasi yang kuat untuk produksi massal kapal pesiar berukuran besar, demikian menurut Chen Gang, Manajer Umum Shanghai Waigaoqiao Shipbuilding Co., Ltd.

Selain kapal pesiar berukuran besar, perusahaan itu juga mempercepat penelitian dan pengembangan kapal pesiar ultrabesar serta kapal pesiar berukuran sedang dan kecil. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024