Solok Selatan (ANTARA) - Jalan nasional ruas Padang ke Kerinci tertimbun longsor di Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok dan tidak bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun rodan empat.

"Longsor terjadi sekitar pukul 11.00 WIB dan titiknya masih di bekas longsor lama yaitu tepatnya dekat SMP Negeri 2 Pantai Cermin dan sekarang alat berat yang siaga di Air Dingin sudah menuju lokasi guna membersihkan material tanah yang menimbun jalan," kata Kapolsek Pantai Cermin IPTU Defri Irawan, saat di hubungi di Surian, Sumatera Barat , Minggu.

Dia mengatakan, untuk sementara kepolisian dibantu Danramil menyiagakan petugas guna mengatur kendaraan agar tertib.

Petugas katanya, mengatur kendaraan agar parkir sesuai jalurnya supaya saat jalan dibuka nanti tidak terjadi kemacetan.

"Jangan sampai saat jalan sudah dibuka malah terjadi kemacetan sehingga petugas melakukan pengaturan dilokasi," ujarnya.

Baca juga: Belasan rumah rusak tertimbun longsor di Trenggalek

Untuk kendaraan roda dua katanya, bisa melalui jalan alternatif arah ke SMP Negeri 2 Pantai Cermin sedangkan untuk mobil memang harus menunggu.

Longsor terjadi katanya, tanpa ada hujan hanya saja kemungkinan tanahnya yang labil sebab sebelumnya kejadian yang sama juga terjadi di lokasi tersebut.

Dia mengimbau, agar pengendara tetap berhati-hati saat melintasi jalur yang rawan bencana terutama dititik longsor.

"Bagi pengendara tetap waspada melintas di saat cuaca ekstrim dengan curah hujan tinggi terutama di daerah rawan longsor," katanya.

Material longsor katanya, tidak terlalu besar dan tidak akan terlalu lama dalam membersihkannya.

Baca juga: BPBD kerahkan alat berat untuk normalisasi jalur Trenggalek-Bendungan

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024