Jakarta (ANTARA News) - Persaingan mendapatkan tiket ke babak 16 Besar di Grup F akan ditentukan pada pertandingan terakhir grup ini setelah Borussia Dortmund menumbangkan Napoli 3-1 di BVB Stadion Dortmund Rabu pagi ini.

Sukses heroik Dortmund ini membuatnya menyamai torehan poin Napoli menjadi 9 poin. Pada pertandingan lain, seperti sudah diprediksi sebelumnya, Arsenal mempecundangi tamunya Marseille 2-0.

Kalah tipis penguasaan bola menghadapi tamunya Napoli dalam satu pertarungan seru, Dortmund mengawali malam mengesankan mereka di BVB Stadion Dortmund lewat gol Marco Reus dari titik penalti pada menit 10 babak pertama.

Penalti dihadiahkan kepada Dortmund setelah Federico Fernandez melakukan pelanggaran keras berujung kartu kuning di kotak penalti Napoli terhadap Robert Lewandowski.

Reus ditunjuk timnya menjadi algojo dan dengan tenang dia mengeksekusi keuntungan tersebut dengan melepaskan tendangan mengarah sudut kanan gawang Napoli yang dijaga Pepe Reina.

Napoli berusaha bangkit membalas, salah satunya lewat Jose Maria Callejon pada menit 29 yang sukses melewati hadangan Sven Bender lalu memperdaya kiper Roman Weindenfeller, namun sayang tendangannya membentur tiang gawang.

Dortmund tak kalah ofensifnya dengan terus menciptakan sebanyak mungkin gol untuk mengamankan langkahnya ke babak knockout.  Tapi sampai babak pertama usai, kedudukan tak berubah 1-0.

Memasuki babak kedua, kedua tim tetap bermain ngotot, namun Dortmund yang kemudian menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit 60.

Di saat penonton masih menahan nafas setelah Roman Weidnefeller melakukan penyelamatan gemilang beberapa detik sebelumnya, Dortmund melancarkan serangan balik yang maut.

Marco Reus mengontrol bola dan lalu mengopernya ke tengah di mana Jakub Blaszczykowski berada dalam posisi yang baik. Dengan tenang dia menendang bola di antara dua kaki Pepe Reina lewat tendangan first time dan membuat timnya unggul 2-0.

Napoli memasukkan dua pemain baru setelah itu, di antaranya Lorenzo Insigne yang menggantikan Jose Maria Collejon.

Insigne membayar tuntas kepercayaan Benetiz dengan sebuah gol pada menit 71 setelah Sebastian Kehl kehilangan bola yang dimanfaatkan dengan baik oleh Gonzalo Higuain untuk kemudian diteruskan kepada Insigne yang dengan tenang memperdaya Roman Weindenfeller.

Sayang, kedudukan 2-1 ini malah makin memacu Dortmund menambah gol.  Akhirnya pada menit 78 Pierre-Emerick Aubameyang mengunci kemenangan Dortmund 3-1 setelah menerima umpan cerdik Lewandowski.

Kedudukan 3-1 bertahan sampai akhir pertandingan yang relatif imbang dalam penguasaan bola di mana kedua tim sama-sama melancarkan 12 upaya menciptakan gol.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013