Jakarta (ANTARA News) - Menyusul delapan laga dalam pertemuan kelima empat grup pertama Liga Champions musim ini yang berlangsung dini hari tadi, satu tim berhasil mendampingi empat tim sebelumnya yang sudah lolos ke 16 Besar.

Kendati lebih merupakan keberuntungan akibat gagalnya Schalcke 04 memenangi pertandingan kelimanya melawan tuan rumah Steaua Bucharest, Chelsea memastikan lolos ke fase knockout walau kalah 0-1 dari tim tamu FC Basel.

Chelsea menyusul langkah Atletico Madrid, Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City, memastikan maju ke putaran berikutnya Liga Champions musim ini.

Atletico ditahan Zenit St Petersburg pada pertandingan dini hari tadi, sedangkan Barcelona diruntuhkan Ajax Amsterdam 2-1.  Namun hasil ini  sama sekali tak menggugat dominasi mereka di grup masing-masing.

Sementara itu Bayern dan City akan melewati pertandingan kelima mereka Kamis dini hari nanti.

Empat tim dipastikan tersingkir lebih awal dari fase grup. Keempatnya adalah Steaua Bucharest, Olympique Marseille, Austria Vienna dan Celtic FC.

Steaua menahan seri 0-0 Schalcke 04, demikian juga Austria Vienna yang bermain seri 1-1 melawan Porto.  Sedangkan Marseille menelan kekalahan kelima setelah ditelan Arsenal 2-0. Celtic bahkan kalah memalukan 0-3 saat menjamu AC Milan.

Sembilan tim sudah pasti mendapatkan jatah Liga Europa andai mereka tak bisa lolos dari fase grup pada pertandingan terakhirnya dua pekan mendatang.

Kesembilan klub itu adalah FC Basel, Schalcke, Arsenal, Dortmund, Napoli, Zenit, Porto, Ajax, dan AC Milan, demikian uefa.com.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013