Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita humaniora terjadi di Indonesia sepanjang Senin (22/4), mulai dari pemerintah tengah menyiapkan aturan mengenai pencegahan kekerasan terhadap anak di ranah daring hingga KLHK mengingatkan agar menjaga bumi dalam rangka peringatan Hari Bumi.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
Pemerintah siapkan aturan pencegahan kekerasan anak di ranah online
 
Pemerintah tengah menyiapkan aturan mengenai pencegahan kekerasan terhadap anak di ranah dalam jaringan (daring) yang akan menjadi peta jalan dalam upaya pencegahan dan penanganan dampak negatif internet.
 
"Ini Perpres yang dikawal Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA). Kemenko PMK sendiri bertindak menjadi panitia antar-kementerian," ujar Deputi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK Woro Srihastuti Sulistyaningrum di Jakarta, Senin (22/4).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
Kemenkes: Perubahan iklim 2024 picu kenaikan kasus DBD
 
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Imran Pambudi mengatakan pada 2023 mereka berhasil menurunkan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) dari 143 ribu ke 115 ribu, namun perubahan iklim pada 2024 membuat kasusnya kembali naik.
 
Oleh karena itu, kata Imran, sistem diagnosis Dengue perlu ditingkatkan agar dapat mengetahui penyakit yang bersifat zoonosis serta yang disebabkan oleh lingkungan.
 
Selengkapnya baca di sini.

Kemenag prioritaskan jamaah haji ramah lansia musim haji tahun 2024
 
Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia tetap memprioritaskan pelayanan bagi jamaah haji lanjut usia (lansia) untuk diberangkatkan menunaikan ibadah haji tahun ini 1445 Hijriah.
 
"Dengan masih banyaknya jamaah haji lansia, maka pada layanan haji tahun ini sejumlah item dikhususkan untuk lansia. Misalnya, petugas haji khusus layanan lansia, buku manasik haji khusus lansia," kata Direktur Pembinaan Haji Kemenag RI M Arsyad Hidayat di Aula Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (22/4).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
PVMBG: Status Gunung Ruang turun ke level Siaga mulai pagi ini
 
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan penurunan status Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, dari sebelumnya level Awas kini menjadi Siaga.
 
"Tingkat aktivitas Gunung Ruang diturunkan dari Level IV (Awas) menjadi Level III (Siaga) terhitung mulai tanggal 22 April 2024 pukul 09.00 WITA," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam laporan yang diterima di Jakarta, Senin (22/4).
 
Selengkapnya baca di sini.

Hari Bumi, KLHK ingatkan tanggung jawab individu untuk menjaga bumi
 
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengingatkan setiap individu memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga bumi dalam rangka peringatan Hari Bumi yang dilakukan setiap 22 April.
 
"Ini sebetulnya pesan untuk setiap hari, bukan untuk hari ini saja, dimana kita semuanya punya tanggung jawab untuk memastikan agar bumi ini tetap bisa mendukung dan memberikan fungsi-fungsinya secara lestari," kata Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK Laksmi Dhewanthi ketika ditemui usai konferensi pers di Jakarta, Senin (22/4).
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024