Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) menyerahkan bantuan sosial bencana erupsi Gunung Ruang kepada warga terdampak, di Tagulandang, Kabupaten Kapulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut).

"Bantuan yang diserahkan berupa paket kasur, selimut, handuk, masker, tikar, obat-obatan, popok bayi, makanan dan minuman," kata Kepala BI Sulut Andry Prasmuko, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan bantuan yang diserahkan berupa paket kasur, selimut, handuk, masker, tikar, obat-obatan, popok bayi, makanan dan minuman.

Ia mengatakan semoga bantuan ini bisa meringankan beban saudara-saudara di Pulau Tagulandang yang terkena dampak erupsi Gunung Ruang.

Baca juga: Kemensos gandeng TNI AL salurkan bantuan korban erupsi Gunung Ruang

Bantuan ini, kata dia, langsung di serahkan pada Posko Bencana Gunung Ruang yang berlokasi di Kantor Gubernur Sulut.

Gunung Ruang erupsi sejak 16 April 2024 sore hari setelah terjadi peningkatan aktivitas kegempaan. Pada hari yang sama status gunung tersebut berubah sampai tiga kali, dari Normal ke Waspada, Siaga, dan Awas.

Pada periode 1-17 April 2024 PVMBG mencatat jumlah kegempaan di Gunung Ruang sebanyak 1.439 kali gempa vulkanik dalam, 569 kali gempa vulkanik dangkal, enam kali gempa tektonik lokal, dan 167 kali gempa tektonik jauh.

Baca juga: Tim ESDM Siaga Bencana salurkan bantuan untuk pengungsi Gunung Ruang
 
 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024