Madrid (ANTARA News) - Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy pada Rabu menerima Presiden Prancis Francois Hollande di Istana Moncloa untuk melakukan pembicaraan tentang masalah-masalah Eropa, dengan fokus pada pertumbuhan lapangan kerja dan serikat perbankan.

Rajoy mengatakan Spanyol dan Prancis sepakat bahwa Uni Eropa (EU) perlu berbuat lebih banyak untuk mendorong pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja, khususnya untuk mengatasi pengangguran kaum muda, lapor Xinhua.

Mereka juga meminta lembaga-lembaga keuangan Uni Eropa untuk memulihkan aliran kredit, terutama untuk perusahaan kecil dan menengah, yang bertujuan membantu orang-orang yang lebih muda mendapatkan pekerjaan.

Rajoy dan Hollande diperkirakan akan mempercepat langkah-langkah pembentukan serikat perbankan Eropa.

Kedua belah pihak juga mengumumkan akan meresmikan kereta api berkecepatan tinggi baru antara Barcelona dan Paris pada 15 Desember.

Berbicara kepada pers setelah pertemuan puncak bilateral satu hari, Rajoy mengatakan pembukaan kereta api baru akan menegaskan hubungan yang lebih erat antara Spanyol dan Prancis, yang dipercaya akan meningkatkan perekonomian kedua negara.

Masalah-masalah lain dalam agenda pertemuan tingkat tinggi tahunan tersebut, termasuk kerja sama yang berkaitan dengan pendidikan dan pelatihan, anti-terorisme, energi dan migrasi.

Perdana Menteri Prancis Jean Marc-Ayrault dan delapan menteri mendampingi Presiden Hollande ke pertemuan puncak bilateral tahunan tersebut.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013