Jakarta pada 2045 diharapkan mampu bersaing dengan kota global lainnya
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam penyusunan Musrenbang 2025 memfokuskan pada peningkatan  sumber daya manusia (SDM) yang unggul, produktif, dan sejahtera untuk mewujudkan provinsi yang tangguh.
 
"Dalam mewujudkan pembangunan yang merata, berkeadilan, serta infrastruktur yang berkualitas dan ramah lingkungan, kita juga perlu meningkatkan SDM yang unggul, produktif, dan sejahtera," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKDP 2025 dan RPJMD 2025-2045 DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Selasa.
 
Heru menyebut  Jakarta pada 2045 diharapkan mampu bersaing dengan kota global lainnya dengan sumber daya manusia yang unggul dan ekonomi yang kokoh.
 
Selain itu, Heru menyampaikan  pelaksanaan Musrenbang ini memiliki peran penting bagi masa depan Jakarta yang berkelanjutan. Penyusunan kedua dokumen yang dilakukan pada masa peralihan Jakarta dari ibu kota negara menjadi kota global, berada di tengah tantangan perekonomian dan politik global.
 
Heru menjelaskan penyusunan dokumen perencanaan ini juga mempertimbangkan posisi Jakarta sebagai kota global dengan mempertimbangkan kebijakan pemerintah pusat, yakni Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 Indonesia Emas.
 
Lalu Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029 melalui penguatan fondasi transformasi, serta Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 melalui akselerasi pertumbuhan ekonomi yang Inklusif dan berkelanjutan.
 
"Hal ini ditujukan untuk mempersiapkan Jakarta menjadi kota bisnis, serta pusat ekonomi skala regional dan global. Pada kondisi ini, saya mengimbau untuk memitigasi risiko dan memperkecil dampak bagi perekonomian Jakarta," ujar Heru.
 
Adapun Musrenbang RKPD 2025 dilaksanakan dalam rangka penyempurnaan dan penyelarasan program prioritas perangkat daerah 2025 terhadap penyelesaian isu-isu prioritas tahun 2025.
 
Musrenbang RPJPD 2025-2045 bertujuan menanamkan visi, misi, sasaran pokok, dan arah kebijakan Jakarta untuk jangka waktu 20 tahun ke depan dan selaras dengan RPJP Nasional.
Baca juga: Perusahaan Jepang di Indonesia serap 10.000 pekerja magang pada 2023
Baca juga: DKI siapkan SDM untuk wujudkan transformasi sebagai Kota Global
Baca juga: PT TransJakarta dan Thunderbird bersinergi tingkatkan kualitas SDM

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024