diharapkan nantinya dapat melahirkan bakal calon atlet yang bisa masuk ke ajang nasional bahkan internasional dan dapat mengharumkan nama bangsa
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.149 pelajar dari berbagai tingkat sekolah di Jakarta Selatan (Jaksel), mengikuti ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan diharapkan dapat melahirkan calon atlet yang bisa masuk ke tingkat nasional bahkan internasional.

"Olahraga dapat memiliki arti yang strategis bagi pembangunan watak bangsa," kata Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Edi Sumantri di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan O2SN tingkat Jakarta Selatan diikuti semua jenjang sekolah mulai dari Sekolah Luar Biasa (SLB), SD, SMP, SMA, SMK dengan jumlah total peserta sebanyak 1.149 orang.

Menurut dia olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan persaudaraan, sportivitas, persahabatan.

Untuk itu kata Edi, dengan kegiatan tersebut diharapkan nantinya dapat melahirkan bakal calon atlet yang bisa masuk ke ajang nasional bahkan internasional dan dapat mengharumkan nama bangsa.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia, semua pihak yang telah membantu jalannya penyelenggaraan kegiatan O2SN dan mengimbau kepada segenap panitia, wasit dan tim juri, termasuk para kontingen untuk tetap menjaga dan memelihara situasi keamanan dan ketertiban demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Selatan Sarwoko mengatakan pelaksanaan 02SN yang melibatkan 1.149 peserta ini akan berlangsung dari tanggal 23 April hingga 31 Mei 2024.

"Yang dipertandingkan seperti renang, pencak silat, karate, bulu tangkis, atletik, catur, dan tenis meja," ujarnya.

Ia berharap O2SN ini selain memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan kemampuannya dalam bidang olahraga juga dapat memberikan manfaat tersendiri bagi siswa ketika mendaftar sekolah nanti.

"Saya ucapkan terima kasih karena kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerja sama yang baik antara kami Sudin Pendidikan Jaksel I dan II serta lainnya di Jakarta Selatan, semoga O2SN ini berjalan lancar dan melahirkan atlet berprestasi bagi bangsa," katanya.
Baca juga: Perbasi masih koordinasi arena untuk kualifikasi BCL Asia di Jakarta
Baca juga: Kalistenik bisa jadi pilihan olahraga yang cocok saat puasa Ramadhan
Baca juga: Ajang lari LPS Monas Half Marathon 2024 dirancang lebih kompetitif

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024