Samarinda (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur(Kaltim) menjadwalkan peluncuran tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) tahun 2024 dengan dimeriahkan grup band Kotak serta melibatkan seluruh lapisan masyarakat
 
"Acara peluncuran dijadwalkan pada Selasa (30/4) mulai pukul 19.00 Wita di Lapangan Parkir Gelora Kadri Oening, Sempaja, Samarinda," kata Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat Abdul Qoyim Rasyid di Samarinda, Kaltim, Selasa.

Dalam rangkaian acara tersebut, KPU Kaltim juga akan meluncurkan jingle dan maskot Pilgub 2024. Jingle berjudul Sumbang Suara yang diciptakan oleh Riyan Utomo dan Zulfikar Muhammad Nugroho terpilih sebagai juara pertama.

Sementara itu, maskot yang bernama Anggi, karya Topo Broto, menjadi pemenang pertama. Anggi yang merupakan representasi dari anggrek hitam, flora khas diharapkan dapat menjadi ikon yang mewakili keunikan dan kekayaan alam Kalimantan Timur.

"Jingle dan maskot yang dinobatkan sebagai pemenang pertama dijadikan simbol Pilgub Kaltim 2024," ucapnya.

Qoyim mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam acara peluncuran ini. Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

"Kami berharap peluncuran tahapan Pilgub menjadi seruan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah, dengan target partisipasi melebihi angka 80 persen," sebutnya.

Qoyim juga menyampaikan telah menyiapkan segalanya untuk peluncuran tahapan Pilgub Kaltim 2024. Beberapa yang terlibat dalam peluncuran antara lain perwakilan dari seluruh partai politik, pihak-pihak terkait, serta KPU kabupaten dan kota se-Kaltim yang akan bergabung dalam acara ini.

"Ini adalah kesempatan bagi masyarakat untuk terlibat langsung dalam proses demokrasi. Kami ingin acara ini tidak hanya meriah tetapi juga meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pemilihan gubernur," tambahnya.

KPU Kaltim juga telah berkoordinasi dengan kepolisian dan penyelenggara acara untuk menjamin keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung. "Kami menggunakan jasa event organizer (EO) profesional, sehingga semua aspek keamanan dan perizinan keramaian telah tertangani," jelas Qoyim.

Selain itu, pihaknya berpesan kepada masyarakat untuk tidak hanya berpartisipasi dalam memilih tetapi juga terlibat aktif dalam setiap tahapan pemilu.

"Semakin besar keterlibatan masyarakat, semakin tinggi kualitas demokrasi daerah," ungkap Qoyim.

Pihaknya optimistis bahwa peluncuran tahapan Pilgub Kaltim 2024 akan menjadi momentum penting mengungkit semangat demokrasi masyarakat di wilayah tersebut.

"Dengan semakin banyaknya kesadaran masyarakat, diharapkan Pilgub Kaltim 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sukses," tutur Qoyim.
Baca juga: KPU Kaltim harap ada peningkatan partisipasi pemilih pada Pilkada 2024
 

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024