London (ANTARA) - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak menjanjikan paket bantuan militer terbesar untuk Ukraina yang mencakup lebih dari 1.600 rudal serang dan pertahanan udara, demikian diumumkan kantor perdana menteri.

Paket bantuan militer untuk Ukraina senilai 500 juta poundsterling (Rp10,04 triliun) tersebut akan diumumkan Sunak pada Selasa saat berkunjung ke Polandia.

Pernyataan itu menyebutkan bahwa paket itu mencakup 400 kendaraan, 1.600 amunisi, dan empat juta butir amunisi.

Selain itu, paket tersebut meliputi 60 kapal, sejumlah senjata maritim, serta lebih dari 1.600 rudal serang dan pertahanan udara dan  Storm Shadows, rudal jelajah tepat sasaran dengan jangkauan tembak lebih dari 250 kilometer.

"Membela Ukraina melawan ambisi brutal Rusia adalah penting bagi keamanan kami dan untuk seluruh Eropa. Jika (Presiden Rusia Vladimir) Putin dibiarkan berhasil dalam perang agresi ini, dia tidak akan berhenti di perbatasan Polandia,” kata Sunak.

“Paket bantuan militer yang luar biasa ini akan memberi Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan bangsanya yang pemberani lebih banyak perlengkapan yang mereka perlukan untuk mengusir Putin dan memulihkan perdamaian dan stabilitas di Eropa,” katanya.

Di Warsawa, Polandia, Sunak juga akan membahas keamanan Eropa dengan Perdana Menteri Polandia Donald Tusk serta Sekretaris Jenderal NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) Jens Stoltenberg.

Pemberhentian Sunak berikutnya adalah Jerman untuk bertemu dengan Kanselir Olaf Scholz.


Sumber: Anadolu

Baca juga: Rusia ancam tentara Inggris yang melatih di Ukraina sebagai target sah

Baca juga: Menlu Inggris dan Prancis: Kekalahan Ukraina bermakna kekalahan Barat


 

Putin cek senjata baru di markas militer Rusia dekat batas Ukraina

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024