Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) M. Fadil Imran mengatakan partisipasi skuad putra dan putri Indonesia dalam Piala Thomas-Uber tahun ini menjadi momen penguatan semangat para atlet menjelang Olimpiade Paris 2024.

“Thomas dan Uber Cup ini kejuaraan beregu. Suasananya agak berbeda dengan turnamen-turnamen sebelumnya yang bersifat perorangan. Semangat kebersamaan harus terbangun lebih kuat. Namun, jangan sampai juga kebersamaan itu menjadi beban,” kata Fadil, dikutip dari keterangan resmi PP PBSI, Selasa.

Lebih lanjut, pria yang juga merupakan Ketua Tim Adhoc Olimpiade Paris PBSI itu berharap para atlet dapat memaksimalkan momentum positif yang dibangun sejak All England Open, karena hasil dua kejuaraan beregu ini akan mempengaruhi posisi unggulan atau seeded dalam undian (drawing) Olimpiade.

“Momentum positif sejak All England harus terus dijaga apinya hingga Olimpiade Paris nanti. Thomas dan Uber ini penting karena akan mempengaruhi posisi dalam drawing,” ujar Fadil.

Baca juga: Fajar dan Apriyani ditunjuk sebagai kapten tim Thomas-Uber Indonesia

Untuk Thomas Cup tahun ini Indonesia mengirim Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Alwi Farhan untuk sektor tunggal, sementara sektor ganda diisi oleh Fajar Alfian, Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Bagas Maulana, dan Muhammad Shohibul Fikri.

Dalam perhelatan tahun ini, tim Thomas menempati unggulan 3/4. Perjalanan tim putra ini terhenti di babak perempat final dalam Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia (BATC) yang digelar di Malaysia, Februari.

Turnamen ini merupakan proses kualifikasi menuju Thomas Cup. Namun, Indonesia tetap berhak ke putaran final melalui jalur peringkat terbaik.

Baca juga: PBSI panggil 20 pemain untuk berkiprah di Piala Thomas dan Uber 2024

Sementara, tim putri Indonesia berangkat ke Uber Cup sebagai unggulan 5/8. Gregoria Mariska Tunjung, Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, dan Ruzana mengisi di sektor tunggal, serta Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Meilysa Trias Puspitasari, Rachel Allessya Rose, Ribka Sugiarto, dan Lanny Tria Mayasari di sektor ganda.

Tim putri dipastikan lolos ke putaran final di Chengdu setelah melaju ke babak semifinal di BATC.

“Intinya, dari hari ke hari kita menabung modal untuk menghadapi Olimpiade dengan lebih baik lagi. Kita sudah menerapkan sport science, analisis performa, big data, dan pendekatan psikologi olahraga,” kata Fadil.

“Kita juga terus menumbuhkan semangat gotong royong dan soliditas dari atlet, pelatih, ofisial, dan tim pendukung. Ini semua adalah usaha kita untuk mengibarkan Merah Putih di tiang tertinggi,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Undian grup Piala Thomas dan Uber 2024 resmi diumumkan

Baca juga: Ad hoc: Indonesia masih perlu amankan seeded jelang Olimpiade


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024