Jakarta (ANTARA) - Pelatih Prawira Harum Bandung David Singleton menyanjung penampilan para pemainnya ketika mampu meraih kemenangan 53-50 atas Hong Kong (HK) Eastern Basketball pada pertandingan pertama di ronde 2 kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia di Britama Arena, Jakarta Utara, Selasa (23/4).

Kunci kemenangan Prawira pada pertandingan tersebut diyakini Dave, sapaan akrabnya, terletak pada kualitas pertahanan. Dalam hal ini, guard Prawira, Fhirdan Guntara yang mampu tampil tangguh dalam mengawal Dominic Gilbert dan permainan kerasnya di sepanjang laga.

"Pertahanan kami tampil luar biasa. Kami mampu menahan mereka hingga hanya membuat 5 poin di kuarter ketiga dan karena dia (Fhirdan) telah melakukan pekerjaan luar biasa terhadap Gilbert," ungkap pelatih asal Amerika Serikat itu, dilansir dari laman resmi Prawira, Rabu.

Pertandingan sendiri sebenarnya berlangsung dengan sulit untuk Prawira, terutama pada babak pertama dimana mereka tertinggal 26-33.

Terlebih, pemainnya Brandone Francis juga dikeluarkan pada awal kuarter ketiga setelah melakukan pelanggaran.

"Apresiasi kepada para pemain, kami menunjukkan kepada semua kami bisa menang bahkan ketika MVP kami harus keluar dari pertandingan yang mana itu membuat pemain lainnya muncul dan menambah kekuatan tim," katanya.

"Saya sangat bangga kepada tim. Pertandingan tidak selalu berjalan indah karena kami menghadapi tim yang tangguh, dengan pelatih yang bagus dan pemain-pemain yang kuat. Mereka juga main dengan baik," tambahnya.

Baca juga: Prawira taklukkan HK Eastern dengan skor tipis 53-50


Sementara itu, Fhirdan mengaku bersyukur membantu timnya meraih kemenangan pertamanya di ronde 2 kualifikasi BCL Asia.

Pada pertandingan tersebut, Fhirdan bermain sekitar 25 menit. Kualitas keamanannya cukup terlihat dengan layar yang ia lakukan dan membuat HK Eastern hanya mampu mencetak 5 angka saja sepanjang kuarter ketiga. Ia juga mencatatkan 3 steal di laga kemarin.

"Alhamdulillah, pertandingan ini yang sebetulnya tidak seharusnya berjalan seperti ini. Terlepas dari kesalahan-kesalahan saya dan tim, pertandingan ini tidak seharusnya menjadi seperti ini," ungkap Fhirdan.

"Ini pengalaman pertama juga buat saya bermain di beberapa game internasional, saya harap masih bisa mendapat kesempatan main di game internasional agar lebih tahu apa yang harus dilakukan. Jadi, pertandingan hari ini (kemarin) sulit tapi menyenangkan," tutupnya.

Prawira akan bertemu Pelita Jaya Jakarta pada hari ini Rabu pukul 20.00 WIB di Britama Arena untuk memperebutkan puncak klasemen Grup A ronde 2.


Baca juga: Prawira dan Pelita Jaya dalam statistik teratas Kualifikasi BCL Asia

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024