Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama dengan Indiana University (IU) Amerika Serikat dalam berbagai bidang akademik yang diharapkan bisa meningkatkan kemamp​​​​​​​uan dan kualitas SDM.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D dalam keterangannya, Rabu, mengatakan bahwa kerja sama internasional UI dan IU penting untuk membangun pendidikan global yang berkualitas.

"Pendidikan global memegang peranan yang penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia," katanya.

Menurut dia SDM berkualitas dapat diwujudkan melalui pembelajaran ilmu dan skill yang dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu, melalui kerja sama internasional, institusi pendidikan dapat menciptakan solusi dan melahirkan inovasi yang tepat untuk menjawab permasalahan dunia.

Kerja sama UI dan IU akan menyoroti beberapa bidang keilmuan, di antaranya Public and Environmental Affairs; Business and Organizations; Informatics, Computing, and Engineering; serta Education.

Kerja sama ini dapat diperluas mengingat saat ini IU memiliki program unggulan di bidang Art, Design, Performance; Communication; Science, Tech, Engineering; Health and Wellness; Environment; Society, Community, and Culture; Global Perspectives; dan Law and Justice.

Sementara itu Presiden IU Pamela Whitten menyampaikan bahwa hubungan UI dan IU telah berlangsung selama 65 tahun dan telah melibatkan berbagai kolaborasi dalam bidang administrasi publik, pendidikan, bisnis, dan lainnya.

Penandatanganan MoU akan memperkuat dan memperluas kolaborasi kedua universitas di masa depan.

Kerja sama UI dan IU akan diimplementasikan dalam berbagai kegiatan, seperti program double degree, mobilitas mahasiswa, mobilitas dosen, kerja sama penelitian, dan kolaborasi akademik lainnya.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi institusi pendidikan dan individu yang terlibat serta masyarakat luas.

Indiana University masuk dalam 20 universitas negeri terbaik di Amerika Serikat. Universitas ini memiliki sembilan kampus dengan 980 program akademik.

Pada 2024, beberapa program pascasarjana IU menduduki posisi teratas di Amerika Serikat berdasarkan pemeringkatan US News, yaitu untuk bidang Environmental Policy and Management; Public Finance and Budgeting; Public Management and Leadership; dan Nonprofit Management.

Selain itu, program pascasarjana lainnya di bawah naungan O’Neill School of Public and Environmental Affairs; Kelley School of Business; School of Education; College of Arts and Sciences; McKinney School of Law; dan Luddy School of Informatics, Computing and Engineering berada di dalam Top 20 program pascasarjana di Amerika Serikat.

Baca juga: FTUI peringkat satu di Indonesia dalam "QS World University Rangkings"

Baca juga: UI terbaik di Indonesia versi QS WUR by Subjects 2024

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024