Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyaksikan pemutaran perdana Film 99 Cahaya di Langit Eropa yang diadaptasi dari buku berjudul sama karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra di Djakarta Theater, Jumat malam.

Film karya sutradara Guntur Soeharjanto yang menampilkan sejumlah bintang muda Indonesia antara lain Abimana Aryasatya, Acha Septriasa, Raline Shah, Nino Frenandez, Alex Abbad, Marissa Nasution, dan Dewi Sandra, itu merupakan rekaman catatan perjalanan pasangan Rangga dan Hanum selama tiga tahun tinggal di Eropa.

Selama tinggal di Eropa, pasangan tersebut melakukan sebuah perjalanan spiritual mengulik sejarah Islam di sejumlah kota-kota besar Eropa yaitu Wina (Austria), Paris (Prancis), Cordoba dan Granada (Spanyol), serta Istanbul (Turki).

Buku tersebut disebutkan dalam sejumlah ulasan menampilkan sisi Islam di Eropa yang belum banyak diungkap melalui perjalanan penulis ke tempat-tempat bernafaskan sejarah Islam di Eropa, misal Museum Wina dan kisah tentang Kara Mustafa Pasha, panglima perang khalifah Ottoman, dan Museum Louvre di Paris yang memiliki koleksi kejayaan Islam di abad pertengahan.

Turut mendampingi Presiden Yudhoyono antara lain Ibu Ani Yudhoyono, Amien Rais dan istri, Menteri Kehutanan Zulkifli Hassan, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.(*)


Pewarta: GNC Aryani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013