Masyarakat yang tidak tahu dengan apa yang dibuat oleh mereka, tidak perlu ikut-ikutan bergabung. Kalau tidak berkepentingan, mengapa harus ikut-ikutan kegiatan yang tidak tahu arahnya ke mana,"
Timika (ANTARA News) - Kepolisian Resor Mimika mengimbau warga setempat agar tidak terhasut oleh kelompok separatis, untuk melakukan kegiatan pada 1 Desember yang dianggap sebagai hari keramat oleh sebagian orang Papua.

"Masyarakat yang tidak tahu dengan apa yang dibuat oleh mereka, tidak perlu ikut-ikutan bergabung. Kalau tidak berkepentingan, mengapa harus ikut-ikutan kegiatan yang tidak tahu arahnya ke mana," kata Kabag Ops Polres Mimika, Komisaris Polisi Arnolis Korwa di Timika, Jumat.

Menghadapi 1 Desember 2013, Polres Mimika akan mengerahkan hampir seluruh kekuatannya untuk mengamankan wilayah Timika dan sekitarnya. Pengamanan juga melibatkan satu kompi pasukan Brimob Detasemen B Polda Papua dan dua peleton prajurit TNI. Pengamanan difokuskan pada sejumlah wilayah yang dianggap rawan.

Menurut Korwa, aparat kepolisian akan melakukan pengamanan maksimal wilayah Timika dan sekitarnya sehingga kegiatan yang berpotensi dilakukan oleh kelompok-kelompok tertentu tidak sampai mengganggu aktivitas warga lainnya.

Hingga saat ini situasi kamtibmas di wilayah Timika dan sekitarnya masih cukup kondusif.

Sementara itu tokoh agama Pendeta Izak Onawame mengatakan dirinya belum mengetahui apakah akan ada aksi warga Papua di Timika untuk memperingati hari lahirnya Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2013.

"Sampai saat ini saya belum tahu apakah ada atau tidak kegiatan untuk memperingati 1 Desember," kata Izak Onawame yang mengaku sedang berada di Jayapura.

Ia berharap warga Papua memanfaatkan momentum 1 Desember 2013 dengan menggelar kegiatan ibadah di gereja masing-masing. Sangat kebetulan, katanya, tanggal 1 Desember tahun ini bertepatan dengan hari Minggu.
(E015/H-KWR)

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013