Tianjin (ANTARA) - Perpustakaan Tianjin memiliki koleksi 590.000 buku kuno dan sudah melakukan upaya restorasi buku kuno selama lebih dari 70 tahun.

Gao Xuemiao (38) memimpin tim restorasi di perpustakaan tersebut. Dia merupakan ahli restorasi pertama yang memiliki latar belakang di bidang kimia sejak berdirinya departemen itu pada 1978.

Saat ini, restorasi buku kuno kian dipandang sebagai proses lintas disiplin ilmu. Penggabungan metode kimia dan biologi memberikan dimensi yang lebih ilmiah pada proses tersebut.

"Kami melakukan analisis kimia sebelum proses restorasi untuk menemukan kertas yang cocok, dan membuat rencana khusus untuk setiap buku kuno," ujar Gao.
 
Gao Xuemiao menyiapkan agen untuk eksperimen di laboratorium Perpustakaan Tianjin di Kota Tianjin, China utara, pada 18 April 2024. (Xinhua/Sun Fanyue)
 
Foto yang diabadikan pada 22 April 2024 ini menunjukkan suasana departemen restorasi buku kuno di Perpustakaan Tianjin di Kota Tianjin, China utara. (Xinhua/Sun Fanyue)
 
Gao Xuemiao memilih bahan kertas untuk restorasi buku kuno di Perpustakaan Tianjin di Kota Tianjin, China utara, pada 22 April 2024. (Xinhua/Sun Fanyue)
 
Gao Xuemiao (kanan) memandu pekerja magang untuk merestorasi buku kuno di Perpustakaan Tianjin di Kota Tianjin, China utara, pada 22 April 2024. (Xinhua/Sun Fanyue)
 
Gao Xuemiao menyiapkan agen untuk eksperimen di laboratorium Perpustakaan Tianjin di Kota Tianjin, China utara, pada 18 April 2024. (Xinhua/Sun Fanyue)
 
Seorang anggota staf memulihkan sebuah buku kuno di Perpustakaan Tianjin di Kota Tianjin, China utara, pada 22 April 2024. (Xinhua/Sun Fanyue) 
 
Gao Xuemiao mengukur kadar serat kertas di laboratorium Perpustakaan Tianjin di Kota Tianjin, China utara, pada 18 April 2024. (Xinhua/Sun Fanyue)



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024