Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, menggelar bazar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai upaya mempromosikan produk usaha kecil wilayah tersebut agar mendapatkan pemasaran yang bagus.

“Kami melibatkan 25 pelaku usaha,” kata Kepala Seksi Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kepulauan Seribu, Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kepulauan Seribu, Syamsul Hidayat di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan bazar ini digelar Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, pada 24-25 April 2024 sebagai ajang meningkatkan perekonomian sekaligus promosi usaha warga di Kepulauan Seribu. Peserta bazar ini merupakan binaan Suku Dinas PPKUKM Kepulauan Seribu.

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu bangun 10 kios lokasi sementara untuk UMKM

Ia mengatakan, bazar ini dapat dikunjungi oleh warga maupun wisatawan yang sedang ada di kepulauan tersebut. Mereka dapat membeli aneka produk kuliner, fesyen hingga kriya di bazar yang dibuka pukul 08.00-15.00 WIB.

"Kami menyediakan sebanyak 13 tenda dalam bazar UMKM ini. Untuk produk khas Kepulauan Seribu yang dijual seperti kerupuk ikan, bakso ikan, keripik sukun, abon ikan, basreng, cilok dan ikan teri," ungkapnya.

Ia mengatakan, bazar UMKM tersebut rutin diadakan setiap bulan secara bergiliran di enam wilayah dan peserta bazar merupakan binaan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kepulauan Seribu.

“Dalam kegiatan ini diadakan juga lomba karaoke dan ada 'doorprize'. Semoga dengan kegiatan ini mampu mendorong UMKM terus berkembang mempromosikan produk-produknya," kata Syamsul.

Baca juga: DKI fasilitasi 30 UMKM Pulau Seribu dapat sertifikat produk halal

Sementara itu, Lurah Pulau Untung Jawa, Sidartawan menyambut positif dan mendukung kegiatan bazar UMKM tersebut sehingga perekonomian warga dapat terus bangkit dan merangsang pelaku usaha untuk meningkatkan produktifitas.

"Alhamdulillah, sejak pagi sudah banyak warga yang datang untuk membeli berbagai kebutuhan. Bahkan, animo dari anak-anak sekolah juga tinggi," kata dia.

Warga Pulau Untung Jawa, Wati (48) mengaku senang dengan adanya bazar UMKM yang menjual beraneka produk.

"Saya sangat senang. Anak saya pun senang karena banyak pilihan jajanan di sini. Semoga kita juga bisa membantu para pelaku UMKM dengan membeli produk yang dijual," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024