Surabaya (ANTARA News) - Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya akan mengembangkan TOEFL Bahasa Arab bersamaan dengan pembangunan Laboratorium "Micro Teaching" di kampus itu pada tahun 2014.

"Micro Teaching itu untuk pembelajaran mahasiswa lima fakultas, namun TOEFL Bahasa Arab akan kami kembangkan dari laboratorium itu," kata Rektor Unsuri Surabaya Prof Dr H Soenarjo ST MPd di kampus setempat, Minggu.

Di sela-sela penanaman seribu pohon bekerja sama Dinas Kehutanan Jatim untuk mewujudkan "hutan kampus" dalam memperingati Dies Natalis XXXVI Unsuri, ia menjelaskan TOEFL Bahasa Arab itu dimaksudkan mencetak mahasiswa yang terampil berbahasa asing.

"Jadi, mahasiswa Unsuri nantinya akan terampil berbahasa Arab dan juga mengajarkannya," kata Guru Besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di bidang Elektro Medik yang belum setahun menjabat Rektor Unsuri itu.

Selain kemampuan berbahasa asing, pihaknya juga mengembangkan konsultasi tugas akhir mahasiswa secara "online" (dalam jaringan internet), karena jumlah mahasiswa Unsuri saat ini mencapai 600-an mahasiswa S1 dan 200-an mahasiswa S2 dalam satu angkatan.

"Tentu saja, mahasiswa yang menempuh tugas akhir itu tetap harus melakukan tatap muka dalam beberapa kali, meski konsultasinya bisa dilakukan secara online," katanya.

Pewarta: Edy M Ya'kub
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013