Jakarta (ANTARA) - PT Tokopedia yang telah sukses menggelar kegiatan offline “Ramadhan Ekstra Seru” merilis beberapa peningkatan penjualan di tiga kategori teratas seperti groceries, elektronik dan fashion mengalami peningkatan hingga 9 kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasa.

“Ramadhan kan memang bulan berbagi ya, mungkin mereka yang berbelanja untuk memberikan sanak saudara mereka di kampung halamannya ya, tidak heran kenaikan penjualannya bisa berkali-kali lipat,” kata E-Commerce Communications Director Shop Tokopedia, Nuraini Razak di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa peningkatan yang terjadi pada kategori fashion saat acara tersebut bisa mencapai 2,5 kali lipat, lalu terdapat pula kategori elektronik dan groceries yang memiliki kenaikan hingga 3 kali lipat.

Baca juga: Biaya layanan lokapasar naik, UMKM diimbau fokus genjot penjualan

Meski begitu, dirinya belum bisa memberikan data atau jumlah penjualan di masing-masing kategori yang diklaim olehnya memiliki lonjakan pembeli yang cukup positif selama kegiatan itu berlangsung mulai dari 23 Februari hingga 5 April 2024 di Pondok Indah Mall, Jakarta.

Setidaknya dengan adanya kegiatan offline tersebut, pihaknya senantiasa memberikan kemudahan kepada para penjual dan juga pembeli untuk menemukan barang yang memang dibutuhkan.

Tokopedia yang terkenal dengan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pada masa itu juga menerima banyak pembelian, sehingga memiliki lonjakan hingga 9 kali lipat.

Baca juga: Tokopedia permudah masyarakat untuk berbagi kebaikan

Berbagai kategori dari brand-brand lokal yang memasarkan produknya di platform tersebut, dikatakan oleh dia, mendulang berkah yang cukup positif selama Ramadhan kemarin.

Pelonjakan tersebut, berkat adanya kampanye “Beli Lokal” yang sudah dimulai sejak Desember 2023 lalu, guna mendukung para pelaku usaha agar menjadi pilihan utama bagi konsumen tanah air selama masa Ramadhan dan juga Lebaran.

“Beli Lokal” itu kenaikannya hampir 9 kali lipat. Kita launch itu di Desember, kita memang khususkan untuk memudahkan seller dan pembeli dan penjualannya meningkat hingga 9 kali lipat di Ramadhan,” ucap dia.

Baca juga: Kolaborasi TikTok-Tokopedia perluas jangkauan konsumen brand lokal

Baca juga: Tren belanja daring jelang Lebaran 2024 di Tokopedia dan TikTok


Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024