Jakarta (ANTARA) - Tripoin Kontes akan kembali digelar dalam pertunjukan IBL All-Star tahun ini. Pada edisi sebelumnya, Yudha Saputera berhasil keluar sebagai pemenang dalam kontes tersebut, namun akankah Yudha mempertahankan gelarnya menyusul munculnya sejumlah shooter tajam di liga?

Yudha Saputera, pemain Prawira Harum Bandung yang juga guard andalan timnas Indonesia keluar sebagai pemenang IBL Tokopedia All-Star Three Point Contest 2023. Yudha menang setelah berhasil membukukan 16 tripoin.

Setelah menerima trofi, pebasket asal Cirebon itu memastikan diri ingin mempertahankan gelar tersebut untuk tahun-tahun berikutnya. Namun, meski Yudha sudah berniat mempertahankan trofi tersebut, persaingan Tripoin Kontes di IBL All-Star 2024 tidaklah mudah.

Terdapat enam peserta lain yang akan menjadi pesaingnya, yaitu Abraham Damar Grahita dari Satria Muda Pertamina Jakarta, Hans Abraham dari Prawira Harum Bandung, Devon Van Oostrum dari Rans Simba Bogor, Gabriel Batistuta Risky dari Tangerang Hawks Basketball, Jordan Adams dari Dewa United Banten, dan Muhammad Aulaz Ariezky Septano dari Pacific Caesar Surabaya.

Jika dilihat dari data statistik persentase tembakan tiga angka dari para peserta selama musim reguler IBL 2024, maka Jordan Adams menempati peringkat tertinggi dengan 51,2 persen. Sementara di belakangnya ada Abraham Damar Grahita dengan 39,7 persen, lalu Gabriel Batituta Risky dengan akurasi tembakan tripoin 38,9 persen.

Yudha dan Hans yang sama-sama menjadi andalan Prawira di luar busur, masing-masing memiliki persentase akurasi yang hampir sama. Yudha di kisaran 28,8 persen dan Hans Hans 28,3 persen. Sedangkan Devon Van Oostrum juga hampir sama dengan keduanya, yaitu dengan 28,4 persen. Terakhir ada M. Aulaz Ariezky Septano dengan persentase tripoin 27,3 persen.

Namun, data statistik di atas kertas hanyalah angka ketika sudah berada di atas lapangan. Semua pemain memiliki peluang untuk keluar sebagai pemenang Tripoin Kontes IBL All-Star 2024.

Baca juga: Laga tim Future vs Legacy IBL All Star 2024 akan semakin intens
Baca juga: Johannis Winar-David Singleton jadi pelatih tim IBL All Star
Baca juga: IBL All-Star 2024 diisi pemain bintang terbaik selama histori liga

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024