Jakarta (ANTARA) - Prajurit TNI AL dari Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) 1 Korps Marinir latihan bersama Reconex 2024 dengan prajurit Marinir Amerika Serikat (US MARFORPAC I MEF) di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir 6 Antralina, Sukabumi, Jawa Barat.

Latihan rutin itu, yang dibuka oleh Komandan Yontaifib 1 Korps Marinir TNI AL Mayor Marinir Laili Nugroho di Sukabumi, Jumat, sejak Kamis (25/4) sampai dengan 10 Mei 2024.

"Latma (latihan bersama) Reconex 2024 merupakan latihan yang kesekian kalinya antara Taifib Marinir dengan US Marforpac/I MEF," kata Danyontaifib 1 Mayor Marinir Laili saat membuka Latma Reconex 2024 sebagaimana dikutip dari siaran resmi Dinas Penerangan Korps Marinir TNI AL di Jakarta, Jumat.

Danyontaifib menjelaskan bahwa latma itu bertujuan untuk membangun hubungan bilateral kedua negara, meningkatkan kemampuan personel, bertukar ilmu serta pengalaman operasi, serta membangun soliditas sesama pasukan khusus dalam menghadapi dinamika kawasan

Latma Reconex 2024, lanjut dia, digelar tidak hanya di Puslatpur Marinir 6 Antralina Sukabumi, tetapi juga beberapa daerah di Jawa Barat dan di Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Pondok Cabe, Tangerang, Banten, dan di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Beberapa materi latihan yang diikuti prajurit Korps Marinir Indonesia dan AS itu mencakup latihan menembak combat marksmanship, latihan menembak sniper range, tactical combat casual care (TCCC), joint-combined exchange training (JCET), close quarter battle (CQB) sUAS, ground recon patrol supported, mission planning and brief procedure, military freefall jump, dan full mission profile.

Dalam upacara pembukaan Latma Reconex 2024, beberapa pejabat yang hadir, di antaranya Komandan Puslatpur Marinir 6 Antralina Mayor Marinir Ahmad Yani dan Kepala Seksi Latihan Marinir Subpendidikan dan Latihan Dinas Operasi Latihan TNI AL Mayor Marinir Hanif.

Baca juga: 90 hari digembleng, 504 prajurit resmi perkuat Korps Marinir TNI AL
Baca juga: Wadan Kormar cek uji coba senjata serbu AKM buatan Ceko di Surabaya

 
Tangkapan layar Komandan Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) 1 Korps Marinir Mayor Marinir Laily Nugroho (kiri) membuka Latihan Bersama (Latma) Reconnaissance Exchange (Reconex) 2024 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir 6 Antralina, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (26/4/2024) sebagaimana diunggah akun resmi Instagram Korps Marinir TNI AL @marinir_tni_al. ANTARA/Genta Tenri Mawangi.


Latma Reconex merupakan latihan bersama pasukan Marinir Indonesia dan Amerika Serikat yang umumnya dilaksanakan tiap 1–2 tahun sekali. Latma itu pada 2021 dan 2023 digelar di Marine Force Reconnaisance Battalion Camp, Pendleton, California, Amerika Serikat.

Untuk pasukan Marinir AS yang mengikuti Latma Reconex tahun ini berasal dari US Marforpac yang bermarkas di Camp H.M. Smith, Hawaiʻi, Amerika Serikat. Pasukan dari US Marforpac beroperasi di kawasan Indo-Pasifik, termasuk tergabung dalam latihan-latihan bersama dengan negara-negara mitra AS seperti Indonesia.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024