BPH Migas berkomitmen mendukung upaya-upaya mewujudkan lingkungan yang lebih baik, antara lain melalui pengelolaan sampah secara benar,
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menerima penghargaan Award4Change 2023 untuk kategori High Recovery Rate Award sebagai apresiasi terhadap praktik penanganan sampah yang baik sepanjang 2023.

Sekretaris BPH Migas Patuan Alfon Simanjuntak mengungkapkan penghargaan yang telah diraih tersebut menjadi bukti sekaligus pendorong bagi BPH Migas untuk terus melakukan aksi nyata dalam menjaga lingkungan.

"BPH Migas berkomitmen mendukung upaya-upaya mewujudkan lingkungan yang lebih baik, antara lain melalui pengelolaan sampah secara benar," ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: BPH Migas terus perkuat pengawasan agar BBM subsidi tepat sasaran

Secara konsisten, menurut dia, BPH Migas menyosialisasikan pengelolaan sampah kepada para pegawai agar dapat melakukannya dalam kegiatan sehari-hari, mulai dari memilah dan membuang sampah sesuai dengan kategori yang telah ditentukan.

Sepanjang 2023, BPH Migas tercatat menghasilkan 19.682,6 kg sampah, dengan rincian 114,2 kg sampah kaca, 200,8 kg sampah metal (logam), 2.582,2 kg sampah plastik, 3.013,1 kg sampah kertas, 3.899,7 kg sampah organik, dan 8.185,2 kg masuk kategori sampah lainnya.

"Sampah kaca, metal, plastik, dan kertas itu diolah menjadi produk baru melalui proses daur ulang. Untuk sampah organik diolah menjadi pupuk kompos dan sampah lainnya diolah menjadi bahan bakar alternatif," jelas Patuan.

Sebanyak 30 lembaga/instansi dan perusahaan ternama Indonesia menerima penghargaan dari Waste4Change tersebut.

Penghargaan Award4Change diberikan kepada perusahaan-perusahaan dan institusi yang telah berperan aktif dalam penyelesaian permasalahan sampah di Indonesia dengan menerapkan praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Hal itu dilakukan mulai dari pemilahan sampah sejak dari sumbernya, penerapan rantai pasok yang berkelanjutan, hingga pelibatan mitra dan konsumen dalam upaya pengurangan dan pengelolaan sampah.

Baca juga: BPH Migas: Penyaluran BBM dan LPG aman selama Lebaran 2024

Penerima penghargaan kategori High Recovery Rate Award atau lembaga dengan tingkat pemulihan sampah yang sangat baik diberikan kepada lembaga/instansi yang telah menjadi bagian dari penyelamatan 16.500 ton sampah, yang tidak berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA) selama 2023.

Sementara itu, lembaga dari berbagai kategori penghargaan lainnya merupakan inisiator yang berhasil mengembangkan model terbaik dan unik sesuai karakter bisnis mereka untuk mewujudkan misi keberlanjutan serta pemenuhan aspek environmental, social, and governance (ESG).

Award4Change digelar sejak 2020 dengan peserta terdiri atas kementerian, instansi swasta, BUMN, kedutaan negara sahabat, hingga non governmental organization (NGO).

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024