... Semoga para anggota KPU kabupaten/kota terpilih mampu mengemban amanat rakyat dalam menjaga kualitas demokrasi di masing-masing daerah...
Surabaya (ANTARA) - Ketua Tim Seleksi Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur 3, Sasongko Budisusetyo, menyebut tiga petahana anggota KPU Surabaya lolos tes kesehatan dan wawancara untuk periode keanggotaan 2024-2029.

"Akhirnya setelah melawati beberapa tahapan proses seleksi, maka diusulkan 10 nama calon anggota KPU kabupaten/kota di Jawa Timur 3. Surabaya petahana ada Bu Naafilah (Naafilah Astri Swarist), Pak Nano (Soeprayitno), dan Pak Subairi," kata dia, di Surabaya, Sabtu.

Baca juga: KPU Surabaya target rekapitulasi selesai enam hari

Hal itu tertuang di dalam Pengumuman Nomor : 13/TIMSELKK-GEL.13-Pu/04/35-3/2024, tentang Hasil Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Zona Jawa Timur 3 Periode 2024-2029.

Sedangkan satu nama anggota lain KPU Surabaya, yakni Agus Turcham, tidak lolos tahapan tersebut. Sementara Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi, tak mendaftarkan diri karena sudah menjabat dua periode.

Adapun 10 calon anggota KPU Surabaya Periode 2024-2029 yang dinyatakan lolos tes kesehatan dan wawancara, yakni Afdolu Nasikin, Bakron Hadi, Budi Setiawan, Danang Siswoyo Saputro Sari, Jatayu Kresna Tama, M Mundir, Naafilah Astri Swarist, Nurul Hidayat, Soeprayitno, dan Subairi.

Baca juga: KPU Surabaya gelar PSU di 10 lokasi TPS

Sang ketua tim seleksi menyatakan, seleksi para calon anggota KPU kabupaten/kota dilakukan dengan mengedepankan aspek obyektivitas. "Meskipun agak kesulitan, namun tim seleksi dengan pertimbangan profesional menetapkan calon-calon terpilih 10 nama setiap kabupaten/kota," ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa laporan hasil seleksi calon anggota komisioner telah dikirimkan ke KPU dan nanti KPU akan menggelar tahapan uji kelayakan dan kepatutan dan menetapkan lima nama anggota komisi untuk masing-masing lembaga penyelenggara pemilu tingkat kabupaten/kota.

Baca juga: KPU Surabaya pastikan kesiapan PSU di 10 TPS

"Kalau jadwalnya saya belum mendapatkan informasi, semua yang menentukan KPU RI," ucapnya.

Setelah ditetapkan, maka para para anggota KPU kabupaten/kota terpilih langsung bertugas pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak pada 27 November 2024.
"Semoga para anggota KPU kabupaten/kota terpilih mampu mengemban amanat rakyat dalam menjaga kualitas demokrasi di masing-masing daerah," tuturnya.

Diketahui seleksi anggota KPU kabupaten/kota di Jawa Timur 3 meliputi Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Bojonegoro, dan Surabaya.

Baca juga: DPRD Surabaya minta penjelasan KPU soal progres tahapan Pemilu 2024

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024