Tentu kami merasa sangat kehilangan seorang pemuisi berbakat yang sudah mendapatkan banyak penghargaan. Selamat jalan, Bang Jokpin
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan dunia sastra Tanah Air sangat kehilangan sosok penyair hebat seperti Joko Pinurbo yang semasa hidupnya telah meraih banyak penghargaan.

“Atas nama pimpinan Badan Bahasa, Kemendikbudristek, kami ikut berbela sungkawa atas meninggalnya Joko Pinurbo,” kata Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Bahasa Kemendikbudristek Muhammad Abdul Khak kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Penyair terkemuka Joko Pinurbo dikabarkan meninggal dunia pada usianya yang ke-61 tahun di kota tempat tinggalnya, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Abdul menuturkan, beragam penghargaan yang didapat oleh Joko Pinurbo merupakan bukti dan pengakuan atas karya-karya hebatnya di dunia sastra Indonesia.

Menurut Abdul, puisi-puisinya yang memadukan narasi, humor, dan ironi menjadi salah satu ciri yang khas dari karya-karya sastra Joko Pinurbo sehingga mampu diterima oleh banyak masyarakat Indonesia.

“Tentu kami merasa sangat kehilangan seorang pemuisi berbakat yang sudah mendapatkan banyak penghargaan. Selamat jalan, Bang Jokpin, semoga dilempangkan jalanmu,” katanya.

Sebagai informasi, penyair legendaris Joko Pinurbo atau yang biasa dipanggil Jokpin dan lahir pada 11 Mei 1962 meninggal dunia pada Sabtu (27/4) pada pukul 04.30 WIB.

Beberapa karya yang dilahirkan oleh Joko Pinurbo di antaranya adalah Celana (1999), Di Bawah Kibaran Sarung (2001), Pacarkecilku (2002), Kepada Cium (2007), Selamat Menunaikan Ibadah Puisi (2016), Perjamuan Khong Guan (2020), Kabar Sukacinta (2021), dan Epigram 60 (2022).

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024