Jakarta (ANTARA) - Nusuk, platform terpadu pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang melayani pengunjung kota Mekkah dan Madinah, akan menggelar roadshow dan pameran interaktif di Jakarta pada 30 April.

Acara tersebut akan dihadiri Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi ​​​​​​Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah dan Menteri Agama Indonesia Yaqut Qoumas, menurut rilis pers yang diterima pada Sabtu.

Direktur Otoritas Pariwisata Saudi Fahd Hamiduddin mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan jamaah umrah dan pengunjung terbanyak. Tahun lalu, Arab Saudi menerima sekitar 1,5 juta jemaah umrah dan pengunjung dari Indonesia.

Melalui roadshow tersebut, Nusuk ingin memperkenalkan layanan dan fasilitas yang disediakan platform itu kepada 700 mitra komersial yang mewakili agen perjalanan, pariwisata, dan umrah, baik dari Arab Saudi maupun Indonesia.

Nusuk berharap pameran itu dapat memperkuat kemitraan strategis di antara agen perjalanan dan umrah di kedua negara guna meningkatkan kualitas layanan bagi jamaah umrah dan pengunjung Dua Masjid Suci: Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Platform tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung asing sesuai Visi Saudi 2030.

Selama roadshow, Saudi akan mempresentasikan program “Trip Al Hijrah”, yang menawarkan perjalanan umrah transformatif, mengajak pengunjung menjelajahi Arab Saudi di luar perjalanan spiritual, dan menikmati kisah di balik setiap destinasi di negara itu.

"Pasar Indonesia adalah salah satu pasar terpenting di Asia Tenggara. Penyelenggaraan roadshow dan pameran ini menunjukkan hubungan yang kuat antara Kerajaan Arab Saudi dan Republik Indonesia," kata Fahd.

Nusuk telah memasukkan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa pada layanan utama, selain keandalan, keamanan, informasi, dan panduan umrah yang bermanfaat.

Selama roadshow, Otoritas Pariwisata Saudi juga akan menyajikan pengalaman teknologi realitas virtual (VR) kepada warga Indonesia dan wisatawan dari berbagai negara di dunia pada 1-5 Mei dengan menayangkan serial kisah bersejarah Islam dan profil industri tasbih.

Roadshow dan pameran yang akan diadakan di Mal Kota Kasablanka itu juga memberikan kesempatan bagi perusahaan-perusahaan yang terakreditasi oleh Nusuk di pasar Indonesia untuk menunjukkan layanan mereka, termasuk paket umrah.

Baca juga: Kementerian Haji, Umrah Saudi peringatkan penipuan visa haji palsu
Baca juga: Arab Saudi akan terapkan aturan ketat soal visa haji tahun ini

Pewarta: Katriana
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024