Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemberitaan mengawal dinamika di Provinsi DKI Jakarta dalam sepekan, mulai dari problematika penghapusan Nomor Induk Kependudukan (NIK) hingga pembangunan pengendali banjir pada tahun anggaran 2024..

Berikut lima pemberitaan teratas seputar DKI Jakarta selama sepekan yang masih dapat dinikmati para pembaca untuk mengawali pagi di akhir pekan ini:

Penghapusan NIK DKI konsekuensi warga menetap di luar Jakarta

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta William Aditya Sarana mengatakan penghapusan Nomor Induk Kependudukan (NIK) DKI Jakarta oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan konsekuensi warga yang sudah tak lagi berdomisili di Jakarta.

“Jadi bagi masyarakat yang tidak lagi aktif KTP Jakarta-nya, saya kira itu suatu konsekuensi karena kan mereka sudah tinggal di luar Jakarta cukup lama sehingga itu suatu konsekuensi yang harus diterima,” kata dia di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya klik di sini

DKI catat seribu lebih pendatang baru tiba di Jakarta usai arus balik

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan, sedikitnya 1.038 orang dari berbagai daerah sebagai pendatang baru, tiba di Ibu Kota usai arus balik Lebaran tahun ini.

"Mereka dihitung setelah Lebaran, tepatnya sejak 16 hingga 22 April 2024," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta Budi Awaludin saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini

Sekda DKI ingatkan kepada 281 pejabat yang dilantik untuk jaga etika

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono mengingatkan kepada 281 pejabat fungsional yang baru dilantik untuk menjaga etika kerja dengan menaati peraturan perundangan yang berlaku demi terciptanya tata kelola yang baik.

"Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Jakarta, dibutuhkan keahlian dan keterampilan tertentu yang dapat diandalkan. Hal ini juga untuk mewujudkan tata kelola yang baik (good governance) yang berbasis transparansi, akuntabilitas dan integritas, serta berorientasi pada pelayanan," kata Joko saat mengambil sumpah jabatan 281 pejabat fungsional di Ruang Serbaguna, Graha Ali Sadikin, Balai Kota DKI Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini

DKI diminta buat regulasi keselamatan tempat usaha dari kebakaran

Anggota DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat regulasi untuk keselamatan tempat-tempat usaha di Jakarta dari kebakaran, mulai dari alat pemadam hingga jalur evakuasi darurat.

"Pemprov DKI dalam hal ini harus membuat regulasi untuk melindungi keselamatan warga sekaligus mengawasi kelayakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan rumah dan toko (ruko) itu sendiri," kata Rio saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini

DKI terus lakukan pembangunan waduk untuk atasi banjir

Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta terus melakukan pembangunan waduk, situ, embung dan empang di tahun 2024 sebagai upaya penanggulangan banjir di Jakarta.

"Ya di tahun 2024 itu polder itu ada di Cilincing, di Kali Sepatan Cilincing, terus ada di sekitaran Taman Ratu, semua terus berjalan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum saat ditemui di Bogor, Jawa Barat, Kamis.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024