ditargetkan selesai suplai pada bulan Juni 2024 sehingga dapat digunakan untuk mobilisasi masyarakat dari Kota Balikpapan menuju IKN
Jakarta (ANTARA) - Progres suplai "readymix" atau beton cor siap pakai untuk pembangunan Proyek Tol IKN (Ibu Kota Nusantara) Segmen SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang telah mencapai 63 persen.

Vice President of Corporate Secretary PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) Fandy Dewanto mengatakan hingga saat ini progres suplai "readymix" untuk Proyek Tol IKN Segmen SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang telah mencapai 63 persen.

“Proyek ini ditargetkan selesai suplai pada bulan Juni 2024 sehingga dapat digunakan untuk mobilisasi masyarakat dari Kota Balikpapan yang akan menuju IKN,” ujar Fandy di Jakarta, Minggu.

Sebagai informasi, keseluruhan jalan tol yang disuplai pembangunannya ini memiliki panjang 40,67 km. Fandy mengatakan bahwa pihaknya bertanggung jawab untuk menyuplai mulai dari Seksi 3A-2 Segmen Karangjoang-KKT Kariangau, Seksi 3B-2 Segmen KKT Kariangau-SP. Tempadung, Seksi 5A Segmen SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang, hingga Seksi 5B Segmen Jembatan Pulau Balang-SP. Riko.

Pada proyek-proyek ini, menurut Fandy, pihaknya menyuplai produk-produk unggulannya yaitu "readymix", PC-I Girder, dan Spun Pile yang terjamin mutu dan kualitas terbaiknya sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: WSBP pasok precast untuk proyek pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 3B-2

Baca juga: PUPR: Tol IKN bisa diterapkan teknologi pengisian daya mobil listrik


Kehadiran jalan Tol Akses IKN dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan antara Nusantara dan Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Dengan adanya jalan tol ini, masyarakat pengguna dapat melakukan mobilisasi barang dan jasa secara efisien sehingga seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar,” kata Fandy.

Jalan tol IKN ini dapat mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang semula apabila melewati Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit dengan jarak 95 km, menjadi hanya sekitar 45 menit dengan jarak 57 km.

Jaringan jalan tol ini menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur utamanya melintasi jalan Tol IKN dan Jembatan Pulau Balang.

Baca juga: WIKA Bangun Jalan Tol IKN Seksi 3B-2 KKT Kariangau - Sp. Tempadung

Baca juga: Menteri PUPR menargetkan tol menuju IKN tahap 1 selesai Juli 2024

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024