artinya akan banyak dibutuhkan tenaga kerja yang berkaitan dengan TI,
Jakarta (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertransgi) DKI Jakarta menyiapkan pelatihan kerja di bidang teknologi informasi (TI) bagi masyarakat demi mewujudkan Jakarta menjadi kota global.
 
"DKI Jakarta kan akan menjadi kota global, artinya akan banyak dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkaitan dengan TI," kata Kepala Disnakertransgi DKI Jakarta Hari Nugroho saat ditemui di Bogor, Jawa Barat, Minggu.
 
Hari merinci pelatihan bidang IT itu meliputi operator komputer, desain web, pembuat konten (content creator) dan sebagainya yang tentunya mampu memenuhi kebutuhan zaman.
 
Dia berharap dengan adanya pelatihan ini, para peserta bisa direkrut untuk bekerja di pelayanan jasa seperti hotel yang ada di Jakarta.
 
Terlebih, pihaknya telah mendata program unggulan yang disesuaikan dengan tata guna lahan maupun jenis perusahaan.
 
Pada kawasan Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara diketahui memiliki potensi pada industri otomotif. Sedangkan wilayah lainnya akan difokuskan pada bidang IT.
 
"Ini menjadi dasar nanti kita lakukan pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan," ujarnya.
 
Diharapkan setiap 100 peserta yang melakukan pelatihan minimal yang diterima di perusahaan sebanyak tujuh persen.
 
Ke depan, pada 2025 nanti Disnakertransgi DKI akan lebih fokus pada program latihan yang sesuai dengan jenis usaha maupun tata guna lahan.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan bahwa tingkat pengangguran di Ibu Kota mengalami penurunan sebesar 0,43 persen.
 
Sebelumnya, tingkat pengangguran di Ibu Kota meningkat drastis pada 2020 dan 2021. Lalu, tingkat pengangguran pada Februari 2022 sedikit mengalami penurunan usai pandemi COVID-19 karena masyarakat mulai beraktivitas normal lagi.
 
"Alhamdulillah pada periode Februari 2022 dan Februari 2023, year on year itu mengalami penurunan dari awalnya 8 persen menjadi 7,57 persen," kata Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Sri Haryati di Jakarta, Rabu.
Baca juga: Pemkot Jakpus berupaya penuhi target penyediaan air minum perpipaan
Baca juga: Legislator ingatkan pentingnya ekonomi dan SDM agar jadi kota global
Baca juga: Kadin DKI sebut Jakarta butuh sosok pemimpin yang paham ekonomi

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024