Chengdu, China (ANTARA) - Manajer tim sekaligus Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja mengingatkan baik tim putra dan putri Indonesia tidak boleh lengah menjelang pertandingan kedua fase grup Piala Thomas-Uber 2024, Senin (29/4).

Hal itu menyusul hasil yang baik yang telah dibukukan oleh kedua tim, dimana skuad Thomas Indonesia menang 5-0 atas Inggris dan skuad Uber Indonesia menang 5-0 atas Hong Kong pada laga pertama, Sabtu (27/4).

“Apresiasi saya ucapkan kepada tim Thomas dan Uber yang sukses melewati laga pertama dengan kemenangan penuh. Untuk laga pertama saya cukup puas walaupun masih banyak catatan, evaluasi dan kekurangan yang harus segera diperbaiki untuk pertandingan ke depan terutama bila di tim Thomas yaitu penampilan dari Bagas/Fikri,” jelas Ricky di Chengdu, Minggu.

“Tapi terlepas itu semua, saya mengucapkan terima kasih untuk perjuangannya kemarin. Tetap jaga kesehatan, jaga fokus untuk lebih prima lagi,” ujarnya menambahkan.

Adapun skuad putra Indonesia akan berhadapan dengan Thailand di laga kedua fase grup besok, sementara tim putri akan bertemu dengan Uganda.

“Hari ini karena tidak ada pertandingan, tim difokuskan pada latihan untuk mempertajam kekuatan dan memperbaiki apa yang masih kurang dari pertandingan pertama,”kata Ricky.

“Dari sini saya dan tim pelatih juga akan melihat kesiapan para pemain untuk diturunkan besok,” ujarnya menambahkan.


Baca juga: Indonesia puncaki klasemen sementara Grup C Piala Thomas-Uber
 

Berbicara susunan pemain yang akan turun, Ricky belum dapat memastikan, tetapi kemungkinan akan memberikan kesempatan kepada anggota tim yang belum dimainkan.

Peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 itu menilai, di atas kertas tim putri Indonesia lebih unggul dari Uganda. Namun, Gregoria Mariska Tunjung, cs tetap tidak boleh lengah dan meremehkan karena di lapangan apapun bisa terjadi.

“Tapi di tim Thomas lawannya adalah Thailand. Tentu kekuatan mereka tidak boleh kita anggap enteng, jadi kita harus benar-benar berhitung dari segala sisi dalam hal penentuan susunan pemain,” kata Ricky.

“Apalagi melihat penampilan Thailand tadi malam, walau kalah 1-4 dari India tapi mereka memberikan perlawanan yang ketat. Ini benar-benar harus diwaspadai,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Alwi bawa Indonesia menang telak 5-0 atas Inggris pada fase grup

Baca juga: Komang Ayu sempurnakan kemenangan Indonesia 5-0 atas Hong Kong


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024