Pertandingan di sini sangat besar dan saya mendapatkan atmosfer yang berbeda
Chengdu, China (ANTARA) - Tunggal putra Indonesia Alwi Farhan mengatakan banyak belajar soal pentingnya daya juang yang tinggi di lapangan dalam debutnya di Piala Thomas 2024.

“Senior-senior saya tadi ketika bermain pun begitu kuat. Saya melihat daya juang, fighting spirit-nya di lapangan luar biasa… Saya mendapatkan banyak pengalaman dari sini,” kata Alwi, saat ditemui di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Minggu.

Lebih lanjut, Alwi, yang merupakan pemain termuda dalam skuad putra Indonesia kali ini, mengaku diberikan banyak dukungan dan pengalaman berharga dari para senior yang mengelilinginya di sepanjang turnamen.

“Saya dan abang-abang di sini sering sharing, mereka juga sangat merangkul, memberi tahu saya (jika ada yang bisa diperbaiki),” kata Alwi.

Baca juga: Alwi akui sempat gugup jelang debutnya di Piala Thomas

“Dan memang, pengalaman di sini (Piala Thomas 2024) benar-benar berbeda. Pertandingan di sini sangat besar dan saya mendapatkan atmosfer yang berbeda juga,” ujar dia.

Selain itu, ia juga merasa bangga bisa membawa pulang medali perak dan status runner up pada debutnya. Indonesia sendiri kalah 1-3 dari wakil tuan rumah China pada partai puncak kejuaraan beregu paling bergengsi di dunia tersebut.

Namun, juara dunia junior 2023 itu tidak mengelak bahwa ada keinginan untuk tidak segera berpuas diri dan berusaha untuk bangkit lebih baik lagi.

“Pastinya bersyukur dan bangga dengan pencapaian ini. Memang kami masih belum mendapatkan emas, tapi kami sudah mengerahkan kemampuan terbaik kita,” ujar Alwi.
 

Tim bulu tangkis putra Indonesia menerima medali saat Upacara Penghargaan Pemenang Piala Thomas 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Minggu (5/5/2024). Tim bulu tangkis putra Indonesia menjadi juara kedua setelah kalah dari China dengan skor 1-3. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom.
Baca juga: Alwi bawa Indonesia menang telak 5-0 atas Inggris pada fase grup

“Kita sudah berikan yang terbaik di dalam dan luar lapangan. Kami sudah mengeluarkan segala tenaga untuk menang, tapi hasil kali ini patut disyukuri,” imbuh dia.

Sementara itu, ini merupakan penampilan final Piala Thomas ke-22 bagi skuad Merah Putih, serta final ketiga mereka secara berturut-turut.

Piala Thomas terakhir dibawa pulang oleh tim putra Indonesia pada tahun 2020 di Aarhus, Denmark. Kemenangan tersebut merupakan pencapaian yang sangat diapresiasi oleh para penggemar bulu tangkis, karena Indonesia berhasil memboyong Piala Thomas di turnamen tersebut setelah puasa gelar selama 19 tahun lamanya.

Namun, pada edisi 2022, Indonesia keluar sebagai runnerup setelah kalah dari tim bulu tangkis putra India.

Baca juga: Bagas/Fikri kandas, Indonesia runner up, China juara Piala Thomas 2024
Baca juga: Dito sebut para atlet sudah maksimal berlaga di Thomas & Uber Cup 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024