Alhamdulillah saya bisa mengatasi lawan dan menunjukkan mentalitas pemain Indonesia yang tidak mau kalah
Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra Alwi Farhan membawa tim putra Indonesia kembali unggul 2-1 atas tim putra Korea Selatan pada pertadingan fase grup ketiga Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024, Kamis.

Hal tersebut dipastikan menyusul kemenangan Alwi atas Cho Geon Yeop dua gim langsung, 21-13, 22-20 pada laga yang digelar di Selangor, Malaysia tersebut.

“Alhamdulillah bisa menyumbangkan angka. Pertandingan tadi berjalan sengit, lawan juga tampil bagus. Cuma dari awal saya sudah mempersiapkan segalanya dan akhirnya bisa menerapkan strategi dengan baik,” kata Alwi, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Mengenai jalannya pertandingan, juara dunia junior 2023 itu mengaku sebenarnya ia tidak memprediksi akan bertemu dengan Cho Geon Yeop, melainkan Lee Yun Gyu, yang menjadi lawan Chico Aura Dwi Wardoyo di laga pertama.

Baca juga: Alwi Farhan siap tampil optimal bila diberi kesempatan turun BATC 2024

Namun, ia mengatakan tidak mengambil pusing dan segera fokus untuk memberikan penampilan terbaik dan membawa Indonesia kembali unggul atas Korea Selatan.

“Alhamdulillah saya bisa mengatasi lawan dan menunjukkan mentalitas pemain Indonesia yang tidak mau kalah,” kata Alwi.

“Dari awal saya optimistis akan bisa mengalahkan lawan karena setiap hari saya berlatih melawan pemain-pemain yang bagus. Jadi saya memiliki nilai plus untuk bertanding pada sore hari ini,” ujarnya menambahkan.

Ia pun berharap, dua wakil Indonesia lainnya yakni ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan tunggal putra Yohanes Saut Marcellyno bisa menyempurnakan kemenangan skuad putra Merah Putih di babak fase grup ini.

“Setelah saya bisa membawa Indonesia unggul 2-1, saya berharap senior-senior saya bisa menerapkan permainan terbaik,” kata Alwi.

Baca juga: Bagas/Fikri beri perlawanan maksimal kontra Kang/Seo di BATC 2024

“Soal hasil akhir itu biar Tuhan yang menentukan, tapi saya meminta senior-senior saya bisa tampil terbaik dan maksimal untuk menunjukkan mentalitas pemain Indonesia,” ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Chico menyumbangkan poin pertama Indonesia setelah menang atas Lee melalui drama rubber game 21-17, 21-23, 22-20.

Pertandingan Chico disusul oleh laga ketat antara ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan juara dunia 2023 Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, yang pada akhirnya dimenangkan oleh wakil Korea Selatan dengan skor 24-26, 20-22.

Di sisi lain, sebelumnya, skuad putri Indonesia sudah memastikan tempat mereka di babak perempat final BATC 2024 dengan status juara Grup X.

Baca juga: Chico sumbangkan angka pembuka Indonesia atas Korea pada BATC 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024