Jadi dua festival di Kabupaten Klungkung ini masuk KEN dan menjadi daya tarik event pariwisata budaya yang memberikan pengalaman unik kepada wisatawan
Klungkung, Bali (ANTARA) -
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Kabupaten Klungkung, Bali telah memberikan pengalaman unik bagi wisatawan melalui penyelenggaraan dua festival pariwisata budaya yang telah masuk ke dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.
 
Menurut Sandiaga Uno, saat membuka Festival Semarapura 2024 di Klungkung, Minggu, dua festival budaya di Kabupaten Klungkung yang masuk Karisma Event Nusantara 2024 itu yaitu Festival Nusa Penida dan Festival Semarapura.
 
“Jadi dua festival di Kabupaten Klungkung ini masuk KEN dan menjadi daya tarik event pariwisata budaya yang memberikan pengalaman unik kepada wisatawan,” ujar dia.
 
Ia menjelaskan penyelenggaraan festival itu diharapkan dapat membantu mendongkrak kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Indonesia dan terus menjadikan Bali sebagai destinasi wisata unggulan.
 
Selain itu, penyelenggaraan festival budaya yang juga berkolaborasi dengan pameran produk-produk ekonomi kreatif serta kuliner itu juga diharapkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat Kabupaten Klungkung.
 
“Festival ini memiliki inovasi dan juga ada kolaborasinya karena menghadirkan bazar ekonomi kreatif. Kalau produk UMKM dibeli maka akan terbuka peluang usaha dan terbuka lapangan kerja yang luas,” kata Menparekraf Sandiaga.
 
Untuk meningkatkan kualitas suatu kegiatan, Kemenparekraf juga berpesan kepada penyelenggara agar kegiatan yang dilaksanakan memiliki storynomics atau narasi dan konten kreatif yang memiliki suatu cerita yang menghadirkan sebuah gagasan yang akan menggerakkan ekonomi.
 
Menparekraf menambahkan, suatu kegiatan juga harus memiliki Unique Selling Point yang pada Festival Semarapura itu diwujudkan dengan penampilan kolaborasi atraksi antara Barong yang merupakan budaya Bali dengan kesenian barongsai sebagai simbol harmoni masyarakat di Klungkung.

“Selain itu, jangan lupa mengoptimalkan juga peran media digital. Kita harus terus berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi meningkatkan ekonomi masyarakat dengan Gercep atau gerak cepat, Geber gerak bersama dan Gaspol atau garap semua potensi lapangan kerja yang ada,” tambah Sandiaga Uno.

Baca juga: Festival Semarapura promosikan potensi wisata dan ekonomi Klungkung
Baca juga: OJK Bali dan Pemkab Klungkung edukasi keuangan kepada kaum disabilitas

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Rolandus Nampu
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024