Chengdu, China (ANTARA) - Tim bulu tangkis putra Indonesia tampil dengan susunan pemain terbaik pada laga kualifikasi grup Piala Thomas kedua melawan Thailand yang akan digelar di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Senin (29/4).

Di luar prediksi, tunggal putra unggulan pertama Indonesia Anthony Sinisuka Ginting ternyata akan berhadapan dengan pemain muda Thailand Panitchaphon Teeraratsakul di babak ini, alih-alih bertemu dengan unggulan pertama Thailand Kunlavut Vitidsarn.

Jika dilihat dari peringkat dunia, Ginting memang unggul jauh dari Teeraratsakul, yang kini berada di peringkat 105 dunia. Sementara Ginting, merupakan tunggal putra terbaik ketujuh.

Baca juga: Ricky: Indonesia tak boleh lengah jelang pertandingan kedua fase grup

Meski demikian, Ginting tidak boleh lengah karena pemain Thailand berusia 19 tahun ini mampu memberikan perlawanan ketat kepada Lakshya Sen (India) melalui rubber game di hari pertama fase grup.

Beralih ke sektor berikutnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih menjadi tumpuan ganda putra Indonesia dan mempersiapkan diri untuk bertemu dengan pasangan pelapis Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul. Kedua pasangan pernah bertemu pada babak 16 besar Asian Games 2023 Hangzhou dan pertandingan tersebut berlangsung cukup alot.

Sukphun/Teeraratsakul juga telah membuktikan kualitas mereka setelah memaksa pasangan unggulan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty melakoni laga rubber game pada Sabtu (27/4).

Meski demikian, Fajar/Rian masih memiliki peluang besar untuk meraih poin bagi tim Indonesia menyusul konsistensi dan prestasi mereka baru-baru ini sebagai juara bertahan All England Open.

Baca juga: Pelatih sebut pentingnya antisipasi ganda putra Thailand di fase grup

Selanjutnya pada pertandingan ketiga ada Jonatan Christie yang bakal berjumpa dengan Saran Jamsri. Jonatan juga memiliki kans tinggi untuk memenangkan laga ini karena dari segi peringkat, ia unggul jauh dari lawan.

Lebih lanjut, ada Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang menjadi ganda putra kedua Indonesia dan akan berhadapan dengan pasangan muda lainnya yakni Sirawit Sothon/Natthapat Trinkajee. Sementara Chico Aura Dwi Wardoyo akan menjadi tunggal putra ketiga Indonesia dan bertemu dengan Nachakorn Pusri.

Susunan pemain ini pun diharapkan mampu memperpanjang dominasi Indonesia atas Thailand di Piala Thomas yang sejauh ini adalah 13-0.

Sementara itu, laga Indonesia kontra Thailand ini akan bergulir mulai pukul 08.30 WIB.

Baca juga: PBSI soroti percepatan regenerasi menyusul penampilan atlet debutan

Baca juga: Alwi bawa Indonesia menang telak 5-0 atas Inggris pada fase grup


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024