Medan (ANTARA) - PT Pertamina Lubricants menyatakan, penjualan produk pelumas di wilayah Sumatera bagian Utara (Sumbagut) yakni Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau dan Kepulauan Riau meningkat pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.


"Untuk retail, penjualannya meningkat hampir 12 persen dan di sektor industri naik di kisaran tiga persen," ujar Sales Region Manager I Pertamina Lubricants Didik Setyo Nugroho di Medan, Minggu (28/4) malam.

  Didik melanjutkan, pada tahun 2023, penjualan produk pelumas secara retail Pertamina Lubricants di Sumbagut hampir menembus 16 ribu kiloliter.

  Sementara penjualan dalam skala industri ada di kisaran 26 ribu kiloliter.

  Menurut Didik, salah satu faktor yang membuat kenaikan penjualan retail Pertamina Lubricants di Sumbagut mencapai dua digit adalah terjalinnya kerja sama dengan VR46 Racing Team, tim balap MotoGP milik juara dunia MotoGP tujuh kali Valentino Rossi.

  Pertamina Lubricants, melalui jenama pelumas Pertamina Enduro, pada Oktober 2023 meresmikan kerja sama dengan VR46 Racing Team mulai MotoGP 2024 hingga 2026.

  Sementara untuk level industri, Didik menilai pertumbuhannya relatif stabil karena Pertamina Lubricants menjadi pemain utama di lini tersebut.

  "Kami menguasai market share untuk industri dan mampu menjaga konsumennya," tutur dia.

  Meski begitu, Didik memastikan bahwa Pertamina Lubricants masih akan terus melakukan ekspansi pasar di wilayah Sumbagut.


Sampai saat ini, dia menyebut outlet penjualan pelumas Pertamina Lubricants di Sumbagut mencapai 10 ribu unit.


"Masih banyak pasar yang belum kami penetrasi dengan baik. Itu menjadi semangat kami untuk menangkan kompetisi dengan pesaing," ujar Didik.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024