Jakarta (ANTARA) - Grand Prix Prancis 2024 yang digelar di Sirkuit Le Mans, Prancis, pada akhir pekan lalu, resmi memecahkan rekor sebagai ajang MotoGP yang paling banyak dihadiri penonton langsung sepanjang masa.

Dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Selasa, sebanyak 297.471 penonton hadir langsung untuk menyaksikan aksi Jorge Martin (Prima Pramac), Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), hingga Marc Marquez (Gresini Racing).

“Suasana di Le Mans sangat melegenda dan memiliki alasan yang bagus. Sorak sorai penonton yang luar biasa adalah salah satu ekspresi paling murni dari semangat olahraga di dunia dan merupakan suatu kehormatan untuk mendengarnya langsung,” kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.

Adapun rekor sebelumnya dibuat di GP Prancis 2023, ketika 278.805 penggemar bergabung dengan MotoGP untuk merayakan Grand Prix ke-1000.

Baca juga: Jorge Martin sapu bersih MotoGP Prancis

Menurut Ezpeleta, Le Mans kini menetapkan tolok ukur baru karena MotoGP terus mencatat tingkat pertumbuhan yang mengesankan, yang hanya bisa diimbangi dengan aksi luar biasa di lintasan.

“Setelah Le Mans mencetak rekor jumlah penonton baru sepanjang masa musim lalu, tolok ukurnya tinggi, tapi GP Prancis 2024 berhasil (membuat rekor baru). Hampir 300.000 orang di akhir pekan sungguh luar biasa,” ujar Ezpeleta.

Ia menambahkan, penampilan seperti ini merupakan ekspektasi yang selalu diinginkan oleh tim penyelenggara MotoGP.

Perpaduan balapan intens di trek, bersama dengan rangkaian aktivitas dan hiburan menjadi hal yang istimewa bagi para penggemar untuk menghabiskan akhir pekan mereka di sirkuit-sirkuit ikonis dunia, termasuk Le Mans.

“Sedangkan bagi para penggemar, mereka sama-sama berkomitmen terhadap olahraga ini dan menunjukkan hal itu setiap kali kami tampil di trek,” kata Ezpeleta.

“Mereka masih muda dan beragam, mencerminkan kekuatan MotoGP untuk berinteraksi dengan khalayak luas dan menciptakan koneksi yang kuat,” ujarnya menambahkan.

Ezpelata kemudian mengapresiasi Le Mans dan publik Prancis yang terus menjadikan MotoGP sebagai olahraga yang begitu spesial setiap musimnya.

"Terima kasih, Le Mans, karena telah berbagi semangat luar biasa Anda dengan kami saat kami terus mengukir sejarah. Merupakan kebahagiaan bagi kami untuk berbagi panggung dengan Anda dalam olahraga paling menarik di dunia ini,” ujar dia.

Baca juga: Quartararo berusaha ambil sisi positif dari performa di Prancis
Baca juga: Hampir kalahkan Martin, Bagnaia tetap puas dengan hasil MotoGP Prancis


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024