Kota Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyatakan bahwa penerapan kawasan Jalan Braga bebas dari kendaraan pada setiap akhir pekan akan mulai diterapkan pada Mei 2024.

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono meminta dukungan masyarakat terkait penerapan Braga bebas kendaraan mulai ujicoba awal pekan Mei mendatang pada Sabtu dan Minggu selama 24 jam.

"Salah satu ikon Kota Bandung adalah Braga. Jalan Braga ingin kita kembalikan lagi kepada fungsi awal. Insyaallah minggu depan (penerapannya). Mohon dukungan dari semuanya," kata Bambang di Bandung, Senin.

Bambang mengatakan hal tersebut sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan mobilitas dan memastikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi wisatawan yang berkunjung kawasan Braga.

"Harapannya simpel saja, Kota Bandung ini kota jasa dan pariwisata. Apa sih yang mau dijual? Salah satu di antaranya untuk bisa menarik wisatawan dan juga untuk warga Kota Bandung. Semua bisa menikmati Jalan Braga,” kata dia.

Menurut dia, penerapan kawasan Braga bebas kendaraan tersebut telah melalui rangkaian kajian yang komprehensif dari Dinas Perhubungan Kota Bandung untuk mulai dilakukan ujicoba pada awal bulan Mei.

"Di akhir pekan saja, mulai Mei pada Sabtu dan Minggu. Ini bukan keinginan pemerintah kota tetapi keinginan semua," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Harian Kepala Dishub Kota Bandung, Asep Koswara mengatakan penerapan Braga bebas kendaraan mulai dilakukan pada 4-5 Mei 2024 mendatang.

“Secara teknis, nantinya kawasan tersebut akan bebas kendaraan mulai hari Sabtu pukul 16.00 WIB hingga Minggu malam pukul 23.59 WIB,” kata dia.

Dishub Kota Bandung juga telah menyiapkan sarana kantong parkir yang bisa digunakan wisatawan ke kawasan Jalan Braga selama penerapan ujicoba tersebut berlangsung.

Adapun area parkir yang akan disiapkan antara lain di kawasan Balaikota Bandung, Taman Dewi Sartika, Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Bank BJB, Bank Bandung, serta Kantor Pos Jalan Banceuy.

Baca juga: Pemkot Bandung canangkan Jalan Braga bebas kendaraan pada akhir pekan

Baca juga: Ada kisah seni di balik daya tarik wisata Jalan Braga Kota Bandung

Baca juga: Pemkot Bandung larang warga merokok di Jalan Braga

 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024