Kiblat sepak bola kita cenderung ke Eropa, kami ingin membawa warna lain
Jakarta (ANTARA News) - Klub liga sepak bola Amerika Serikat (Major League Soccer) DC United melakukan tur ke Indonesia dan dijadwalkan melakoni laga persahabatan melawan klub lokal PERSIB Bandung dan Arema Malang.

CEO Mahaka Sport Hasani Abdulgani pada jumpa pers di Jakarta, Rabu, mengatakan, kunjungan DC ke Bandung dan Malang bertujuan memberikan kesempatan bagi klub-klub lokal khususnya PERSIB dan Arema untuk mendapatkan tolok ukur dalam mengembangkan potensi ke depan.

"Kiblat sepak bola kita cenderung ke Eropa, kami ingin membawa warna lain," kata Hasani.

Terpilihnya Bandung dan Malang karena kota tersebut memiliki klub sepak bola yang mempunyai "fans base" yang besar.

DC United dijadwalkan bertanding melawan PERSIB di Stadion Sijalak Harupat, Bandung pada Jumat (6/12) pukul 19:00 WIB dan akan meladeni laga melawan Arema Malang di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada Minggu (8/12) pukul 19:00 WIB dan disiarkan langsung oleh SCTV.

Pemegang saham mayoritas dan pemilik klub DC United Erick Thohir mengatakan kedatangan klub tersebut juga bertujuan mencari potensi pemain Indonesia untuk berlaga bersama kesebelasan yang bermarkas di Washington DC itu.

"Kedatangan DC United tidak sekadar bersifat bisnis tapi kami ingin membantu sepak bola Indonesia secara nyata," kata Erick.

Para pemain DC United juga akan memberikan coaching clinic sepak bola dalam rangkaian tur mereka ke Indonesia.

DC United adalah salah satu klub terbaik dalam sejarah sepak bola profesional Amerika Serikat.

Klub itu telah memenangi berbagai laga seperti kejuaraan antarklub se-benua Amerika (CONCACAF) pada 1998, Liga Amerika (MLS) sebanyak empat kali, U.S. Open Cup tiga kali dan sejumlah pertandingan lokal Amerika lainnya.

DC United juga merupakan klub yang baru saja membuat perjanjian kerja sama berbentuk kemitraan strategis dengan klub sepak bola Inter Milan.

"Sepak bola di Indonesia terus mengalami perkembangan. Saya tidak sabar untuk bertanding pada Jumat dan Minggu nanti," kata pemain DC United Luis Silva.

Pewarta: Aditya E.S. Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013