“Hari ini kami menerima kunjungan courtesy call Philipine Air Force (PAF) untuk membahas hal tersebut,”
Ambon (ANTARA) - Landasan udara (Lanud) Pattimura bersama Phillipine Air Force (PAF) mempersiapkan kedatangan pesawat C-130 dan F-50 PAF dalam rangka transit untuk mengikuti latihan Pitch Black di Australia.

“Hari ini kami menerima kunjungan courtesy call Philipine Air Force (PAF) untuk membahas hal tersebut,” kata Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Senin.

Komandan Lanud Pattimura mengatakan pihaknya menyetujui permohonan yang dimaksud untuk menggunakan fasilitas Lanud Pattimura sesuai arahan dari Mabesau dengan tetap memperhatikan prosedur.

“Tentunya faktor keamanan serta terkait informasi dan semua hal yang meliputi perizinannya sesuai regulasi yang ada di Indonesia,” kata mantan Penerbang Tempur Hawk 100/200 itu.

Pesawat C-130 sendiri adalah sebuah pesawat terbang yang bertugas sebagai pesawat angkut militer utama untuk pasukan militer di banyak bagian dunia. Mampu mendarat dan lepas landas dari landasan pacu yang pendek atau tidak disiapkan,

Keluarga C-130 telah menciptakan rekor yang bagus untuk kehandalan dan daya tahannya, berpartisipasi dalam militer, sipil, dan bantuan kemanusiaan.

C-130 memiliki sejarah produksi yang paling panjang dari seluruh pesawat militer. Yang pertama prototipe YC-130 terbang pada 23 Agustus 1954 dari pabrik Lockheed di Burbank, California, Amerika Serikat.

Sementara pesawat FA-50 PAF sendiri merupakan satu dari sekian banyak pesawat tempur yang dimiliki oleh Filipina yang akan ikut dalam latihan di Australia

Pada kesempatan itu delegasi PAF, LTC Mario C. Mendozo JR, MAJ Ronholph S. Sausa dan MAJ Richard A. Romero ) mengucapakan terima kasihnya atas dukungan Lanud Pattimura dalam penggunaan fasilitas Lanud Pattimura dalam mendukung kedatangan pesawat PAF untuk mengikuti latihan Pitch Black di Australia.

Hadir dalam kegiatan Courtesy Call adalah Kadisops, Letkol Pom Made Oka Dharmayasa, Kadispers, Letkol Adm Baktiar Dansatpom, Kapten Pom Kartika Widya Putra dan Perwira Lanud Pattimura.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024