Beijing (ANTARA) - Sebuah asosiasi industri China telah menerbitkan daftar 76 model kendaraan pintar yang terhubung ke internet yang memenuhi persyaratan keamanan data otomotif negara itu, termasuk yang dibuat oleh BYD dan Tesla.

Daftar tersebut dirilis setelah uji keamanan dilakukan bersama oleh Asosiasi Manufaktur Mobil China (China Association of Automobile Manufacturers/CAAM) dan Tim Teknis/Pusat Koordinasi Tanggap Darurat Jaringan Komputer Nasional China. Model dari Li Auto, Lotus, Hozon New Energy Automobile, dan NIO juga masuk dalam daftar tersebut.

Dalam pengujian yang dimulai pada November 2023, deretan mobil dinilai untuk melihat apakah mobil tersebut memenuhi empat persyaratan kepatuhan, anonimisasi informasi wajah dan informasi lainnya dari luar mobil, tidak adanya pengumpulan data di dalam mobil secara default, pemrosesan data di dalam mobil, dan pemberitahuan yang mencolok tentang pemrosesan informasi pribadi.

Pengujian tersebut dilakukan sesuai dengan aturan dan standar terkait, dan pabrikan mobil menyerahkan model mereka secara sukarela, menurut asosiasi itu.

Asosiasi tersebut mengatakan pengujiannya bertujuan untuk membantu mengatur pemrosesan data otomotif, melindungi hak-hak pengguna mobil, dan membangun lingkungan yang baik untuk keamanan data otomotif dan industri.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024