Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI melakukan audit, pengawasan, serta evaluasi peralatan, personel, hingga kebijakan sistem pengamanan yang dimiliki oleh objek atau lokasi acara World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

“Setiap kegiatan yang dilakukan akan ditindaklanjuti dengan pengawasan dan evaluasi,” kata Direktur Perlindungan BNPT RI Brigjen Pol. Imam Margono dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Setelah melakukan audit, Imam menyampaikan pihaknya memberikan rekomendasi perbaikan sistem pengamanan untuk ditindaklanjuti oleh pengelola lokasi kegiatan.

Objek yang telah diaudit pun, kata dia, akan dievaluasi secara berkala agar pencegahan dan mitigasi aksi terorisme dapat dilakukan secara holistik.

Dia menegaskan bahwa BNPT akan terus mengintensifkan koordinasi dengan para pihak yang terlibat dalam pengamanan lokasi acara, sehingga dengan kehadiran BNPT, WWF dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami mengharapkan bahwa ada peran signifikan dari BNPT di dalam penyelenggaraan forum ini, sehingga forum ini bisa berjalan dengan lancar, aman, dan baik,” ucap dia menegaskan.

Sementara itu, Director of Rooms The Westin Resort Nusa Dua, Bali, Saraswati Subadia menyampaikan apresiasi kepada BNPT lantaran adanya rekomendasi dari BNPT dapat membuat pengelola Bali International Convention Center (BICC) dan The Westin Resort Nusa Dua berbenah untuk menyambut penyelenggaraan WWF ke-10 mendatang.

“Kami akan terus melakukan persiapan, perlengkapan, dan mengedukasi personel, jadi kami perlu BNPT untuk memperlengkapi kami di sini untuk bersama-sama membuat acara WWF ini sukses,” kata Saraswati.

World Water Forum merupakan pertemuan internasional yang melibatkan sejumlah pemangku kepentingan pada sektor sumber daya air, mulai dari pemerintah, parlemen, pemimpin politik, lembaga multilateral, politisi, akademisi, masyarakat sipil, pelaku usaha, dan lain sebagainya.

Pada tahun ini, WWF diselenggarakan di Bali, Indonesia pada 18-25 Mei 2024 dengan mengusung tema Air Untuk Kesejahteraan Bersama, yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai ketua umum dan Menteri Perencanaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai ketua harian.

WWF ke-10 mengusung enam sub-tema utama, yakni ketahanan dan kesejahteraan air, air untuk manusia dan alam, pengurangan dan pengelolaan risiko bencana, tata kelola, kerja sama, dan hidro-diplomasi, pembiayaan air berkelanjutan, dan pengetahuan dan inovasi.

Baca juga: Deklarasi WWF ke-10 cakup komitmen tolak eksploitasi air untuk perang

Baca juga: TNI AL siapkan tujuh kapal perang ikut sukseskan 10th WWF di Bali

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024