pengembangan wisata kepulauan ini dapat dilakukan dengan melibatkan sektor swasta yang tertarik untuk berinvestasi di Pulau Tidung maupun Pulau Karya
Jakarta (ANTARA) - Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menyebut Pulau Karya dan Pulau Tidung memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata yang dapat meningkatkan perekonomian daerah.

"Pulau Tidung dan Pulau Karya sangat potensial untuk dikembangkan sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang dan dapat meningkatkan perekonomian warga setempat," kata Bupati Kepulauan Seribu Junaedi di Jakarta,Senin.

Ia mengatakan pengembangan wisata kepulauan ini dapat dilakukan dengan melibatkan sektor swasta yang tertarik untuk berinvestasi di Pulau Tidung maupun Pulau Karya.

"Kepulauan Seribu merupakan tempat tujuan wisata sehingga perlu dilakukan inovasi untuk pengembangan sektor pariwisata ke depan," katanya.

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi hari ini melakukan kegiatan pengawasan (monitoring) ke sejumlah pulau di wilayahnya meliputi Pulau Tidung yang masuk ke dalam Kepulauan Seribu Selatan dan Pulau Karya yang masuk ke dalam Kepulauan Seribu Utara.

Kegiatan ini dalam rangka pemanfaatan aset milik Pemerintah DKI Jakarta untuk pengembangan sektor pariwisata.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu fokus menggarap bidang pariwisata termasuk menyiapkan sejumlah langkah penting pada sektor tersebut untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Pihaknya telah menyiapkan sebelas destinasi wisata unggulan di pulau berpenduduk dan mengajukan ke Provinsi DKI Jakarta untuk menyiapkan pendukungnya berupa  peraturan daerah (perda).

Junaedi menjelaskan strategi untuk meningkatkan PAD dilakukan bersamaan dengan perubahan DKI Jakarta menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

"Jakarta mengarah ke kota global yang beberapa indikator ada di sektor pariwisata dan penetapan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)," kata dia.
Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu ajak warga ubah gaya hidup demi cegah penyakit
Baca juga: Baznas bantu nelayan terkena musibah di Kepulauan Seribu
Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu siapkan dua posko untuk pilkada Jakarta

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024