Pemerintah Indonesia dan Mesir segera memfasilitasi kolaborasi antara Savco dengan salah satu produsen minyak kelapa sawit terbesar di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan Pemerintah Indonesia saat ini sedang menyiapkan kolaborasi perdagangan antara Indonesia-Mesir di bidang minyak kelapa sawit.

Jerry menyampaikan Pemerintah Indonesia menyambut baik ketertarikan perusahaan pengolahan minyak kelapa sawit Savco asal Mesir untuk berkolaborasi dengan perusahaan di Indonesia.

"Kolaborasi ini merupakan langkah maju untuk Indonesia-Mesir. Pemerintah Indonesia dan Mesir segera memfasilitasi kolaborasi antara Savco dengan salah satu produsen minyak kelapa sawit terbesar di Indonesia tersebut," ujar Jerry melalui keterangan di Jakarta, Selasa.

Jerry menyampaikan perusahaan tersebut telah lebih dulu berkunjung ke Indonesia untuk membahas potensi kerja sama pada tahun 2023.

Dalam kunjungan tersebut, Savco berencana mengimpor minyak curah yang mencapai 5 ribu ton setiap bulan untuk dikirim ke Pelabuhan Adabya di Mesir.

Baca juga: Wamendag jajaki kerja sama dagang dengan Zona Ekonomi Terusan Suez

Baca juga: Wamendag imbau masyarakat laporkan aktivitas penimbunan bahan pangan


Menurut Wamendag Jerry, ekspor terbesar untuk komoditas minyak kelapa sawit ke Mesir merupakan produk hasil rafinasi dan fraksinasi (Refined, Bleached, and Deodorized/RBD).

RBD adalah minyak kelapa mentah yang telah dimurnikan, diputihkan dan dihilangkan baunya. RBD diproses dengan tekanan tinggi dan memiliki rasa hambar.

Minyak tersebut memberikan kontribusi sebesar 31 persen dari total nilai ekspor Indonesia ke Mesir. Nilai ekspor RBD ke Mesir mencapai 1,31 miliar dolar AS.

Jerry menekankan pentingnya meningkatkan permintaan ekspor produk nonmigas yang bernilai tambah, termasuk produk kelapa sawit dan turunannya.

Peningkatan tersebut diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja, mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas produk.

Baca juga: Wamendag tak mau retail luput dari pantauan ketersediaan bapok

Baca juga: Wamendag Jerry yakin Indonesia menang gugatan minyak sawit

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024