Palembang (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga menyebutkan peringatan Hari Kartini sebuah momentum untuk kaum perempuan bersatu.

"Peringatan hari ini sebuah momentum untuk kaum perempuan bersatu lebih kuat bersama - sama dan menjadi inspirasi bagi semua perempuan seluruh Indonesia " kata Bintang saat memperingati ke-146 Hari Kartini Sumsel, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, perempuan telah mengisi setengah populasi penduduk di Indonesia maka kesetaraan gender harus segera diimplementasikan.

"Peringatan Hari Kartini juga menjadi sebuah momentum untuk kaum perempuan menjadi lebih kuat dan hebat," kata Bintang.
​​​​​​
Baca juga: Menteri PPPA: Angka perkawinan anak kian turun pada 3 tahun terakhir

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel Supriono mengatakan perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa karena mereka merupakan madrasah pertama bagi anak - anak, tentu perempuan harus mendapatkan kesetaraan tanpa dibeda bedakan.

"Saat ini banyak perempuan banyak menduduki peran dan posisi jabatan strategis di pemerintahan dan diberbagai bidang lainnya, hal ini membuktikan jika kaum perempuan diberi kesempatan dan peluang maka akan sama dengan laki - laki" ujarnya.

Kepala Dinas PPPA Sumsel Fitriana mengatakan peringatan hari Kartini kali ini mengangkat tema perempuan Berdaya, Tangguh sebagai Tonggak Indonesia Emas.

Adapun pada perayaan hari Kartini 2024 kali ini telah memberikan sebanyak 24 penghargaan kepada perempuan inspiratif dari berbagai kategori.

"Salah satunya ialah kategori Perempuan pelopor pembangunan (Forkopimda), Kategori suara aksi perempuan pelopor dari berbagai Kab / Kota yang ada di Sumsel," kata dia.

Baca juga: Menteri PPPA rayakan Hari Tari Sedunia bersama seribuan penari Bali

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024