Apalagi pergelaran DCF ini menjadi agenda Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024, sehingga diharapkan dapat terlaksana.
Banjarnegara (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Banjarnegara bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa segera menyiapkan penyelenggaraan Dieng Culture Festival (DCF) XIV Tahun 2024 di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.

"Ini (penyelenggaraan DCF, Red.) sebentar lagi, nanti kami akan diundang secara resmi oleh panitia. Kami dari pemerintah daerah sifatnya back up, panitia yang akan melaksanakan dari Pokdarwis Dieng Pandawa," kata Kepala Dinparbud Kabupaten Banjarnegara Tursiman, di Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa.

Ia memastikan proyek penataan Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng dapat selesai sesuai target pada pada bulan Juli, sehingga DCF XIV dapat terlaksana, karena agenda wisata tahunan ini sempat vakum pada tahun 2023 seiring dengan adanya kegiatan proyek tersebut.

Menurut dia, pergelaran DCF telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat secara umum, dan panitia pun sudah ingin menyelenggarakannya kembali.

"Apalagi pergelaran DCF ini menjadi agenda Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024, sehingga diharapkan dapat terlaksana," katanya menegaskan.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa Alif Faozi mengatakan pihaknya hingga saat ini belum bisa memastikan jadwal penyelenggaraan DCF XIV.

Kendati demikian, dia mengakui jika pihaknya sempat merencanakan DCF XIV akan digelar pada tanggal 23-25 Agustus 2024.

"Tetapi tergantung situasi dan kondisi juga. Apakah nanti diundur atau tidak, akan kami analisis dulu, karena kami sebenarnya melihat juga proses pembangunan (penataan Dieng, Red.) selesai tepat waktu apa enggak," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi lebih dahulu dengan Dinparbud Kabupaten Banjarnegara dan pelaksana pembangunan di Dieng untuk memastikan kapan selesainya proyek tersebut.

Ia mengatakan pihaknya akan segera membuat jadwal penyelenggaraan DCF XIV yang pasti jika mendapat kepastian proyek tersebut sudah selesai pada bulan Agustus 2024.

Akan tetapi jika proyek tersebut belum selesai pada bulan Agustus, kata dia lagi, penyelenggaraan DCF XIV diundur dari tanggal yang direncanakan sebelumnya.

Dia mengakui dalam beberapa waktu terakhir di berbagai media sosial banyak beredar informasi mengenai jadwal pelaksanaan DCF XIV, bahkan informasi tersebut juga diberitakan oleh beberapa media daring.

"Semoga kami bisa segera memastikan jadwal kegiatan DCF XIV sebelum pertengahan bulan Mei, karena dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga sudah menanyakan," kata Alif pula.
Baca juga: Dieng Culture Festival diharapkan jadi agenda wisata internasional
Baca juga: Dinparbud Banjarnegara pastikan pergelaran DCF 2023 ditiadakan

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024