Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih berharap timnas Indonesia U-23 bisa melaju ke Olimpiade Paris 2024 meskipun dikalahkan Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 di Qatar pada Senin (29/4).

Menurut Jokowi, peluang Indonesia untuk lolos ke Olimpiade masih dua kali, yaitu dengan memenangi pertandingan perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 atau dengan memenangi pertandingan playoff antarbenua melawan Guinea pada 9 Mei.

“Ya kita harapkan bisa masuk, kalau tidak salah masih ada pertandingan lagi nanti dengan Guinea. Kalau feeling (menurut perasaan) saya (timnas Indonesia) masuk Olimpiade, insyaallah,” kata Jokowi di sela-sela kunjungan kerjanya di Banyuwangi, Selasa, seperti disampaikan melalui video Biro Pers Sekretariat Presiden RI.

Merespons kekalahan Indonesia dari Uzbekistan, Presiden menilai hasil itu adalah hal biasa.

“Ya sebuah pertandingan itu pasti ada yang menang ada yang kalah. Dan tadi malam saya melihat semangat dan perjuangan kerasnya timnas U-23 meskipun memang belum membuat kemenangan,” tutur dia.

Baca juga: Hasil semifinal: Jepang dan Uzbekistan ke final, Indonesia hadapi Irak

Timnas Indonesia U-23 takluk dengan skor 0-2 dari Uzbekistan U-23 pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 Qatar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

Seluruh gol kemenangan Uzbekistan tercipta pada babak kedua melalui Khuisain Norchaev pada menit ke-68 dan gol bunuh diri Pratama Arhan pada menit ke-86.

Laga ini juga diwarnai kartu merah Rizky Ridho pada menit ke-83 setelah tinjauan Video Assistant Referee (VAR) yang dipimpin Sivakorn Pu-Udom.

Baca juga: Ketua KOI yakin timnas U-23 lolos ke Olimpiade
Baca juga: Tiket Olimpiade tertunda, Erick Thohir: Saya puas dengan timnas U-23


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024