Kita bangga kepada Timnas, apalagi peluang untuk ke Olimpiade Paris 2024 masih terbuka
Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan Tim Nasional Indonesia yang berhasil maju hingga babak semifinal Piala Asia U-23 menorehkan prestasi yang luar biasa.

“Luar biasa capaian yang ditorehkan Timnas U-23 kita, berhasil mencapai semifinal itu sudah suatu kebanggaan dan ini pertama kali," ujar Hassanudin, di Medan, Selasa.

Menurutnya, kekalahan Rizky Ridho dkk pada partai tersebut merupakan suatu pengalaman yang berharga mengingat Timnas Uzbekistan belum pernah terkalahkan di kejuaraan tersebut.

“Lawan kita tim kuat, yang menjadi unggulan dan kita hampir unggul terlebih dahulu, itu suatu hal yang luar biasa, ini akan menjadi pelajaran penting bagi Timnas kita agar lebih maju lagi ke depannya," kata dia.

Meskipun, skuad Garuda Muda harus terhenti pada kejuaraan tersebut, Hassanudin mengaku tetap bangga dan optimistis sepak bola Indonesia mampu bersaing di level internasional ke depan.

Baca juga: UM Surabaya siapkan bonus untuk kapten Timnas Indonesia U-23

Baca juga: Erick Thohir: Perjuangan Garuda Muda belum berakhir


“Kita bangga kepada Timnas, apalagi peluang untuk ke Olimpiade Paris 2024 masih terbuka. Untuk itu, kita terus berikan dukungan kepada Timnas Indonesia agar persepakbolaan kita semakin maju," sebut dia.

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Timnas Uzbekistan setelah kalah 0-2 pada laga semifinal Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

Dua gol kemenangan Uzbekistan tercipta di babak kedua melalui Khuisain Norchaev pada menit ke-68 dan gol bunuh diri Pratama Arhan pada menit ke-86. Laga ini juga diwarnai kartu merah untuk Rizky Ridho pada menit ke-83.

Sementara itu, Pelatih Tim Nasional U-23 Shin Tae-yong (STY) mengaku optimistis skuad Garuda Muda bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024 meski kalah melawan Uzbekistan dalam semifinal Piala Asia.

"Uzbekistan tetaplah tim yang kuat, jadi selamat untuk tim Uzbekistan. Kami tetap mempunyai peluang untuk melaju ke Olimpiade," ujar Shin Tae-yong seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Garuda Muda akan mempersiapkan diri menghadapi pertandingan selanjutnya untuk memperebutkan tiket berkompetisi pada Olimpiade Paris 2024.

"Kami akan mempersiapkan diri dengan bagus untuk bisa lolos ke Olimpiade," ujarnya.

Rizky Ridho dan kawan-kawan masih memiliki dua peluang untuk mengantongi tiket untuk mengikuti kompetisi olahraga tertinggi melalui pertandingan melawan Irak untuk memperebutkan posisi ketiga Piala Asia.

Jika kalah dan berada di peringkat empat maka akan melakoni laga play off dengan bertanding melawan wakil dari Afrika, Guinea.

Baca juga: Wapres minta Timnas Indonesia fokus raih tiket Olimpiade Paris

Baca juga: Tiket Olimpiade tertunda, Erick Thohir: Saya puas dengan timnas U-23

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024